BASECAMP I Batch 2.0 Kimia Farma

Program Beasiswa Social Project (BASECAMP) PT Kimia Farma Tbk. (Kimia Farma) kembali pada Batch 2.0 pada tahun 2021 ini. Program beasiswa yang digagas oleh Yayasan Karya Salemba Empat (KSE) dengan PT Kimia Farma Tbk. ini telah dimulai sejak tahun 2019. Mengusung skema program yang sama dengan Batch 1.0-nya, program ini telah menghasilkan lulusan-lulusan yang mempunyai integritas tinggi, professional, mempunyai jiwa sosial yang tinggi dan cinta kepada tanah air dan bangsa.

6.jpeg

Pada Batch 2.0 ini, calon penerima beasiswanya diseleksi lebih ketat dibandingkan Batch sebelumnya. Dengan proses seleksi mulai dari seleksi administrasi, proposal social project, psikotes, wawancara hingga focus group discussion. Setelah melalui seleksi yang ketat tersebut, terpilihlah 30 (tiga puluh) mahasiswa dari 11 (sebelas) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia. Mulai dari Universitas Sumatera Utara (USU) hingga Unversitas Cenderawasih (UNCEN). Salah satu yang membuat program ini sangat menarik dibandingkan yang lain adalah para penerima beasiswa PT Kimia Farma Tbk. ini diberikan kesempatan untuk dapat magang bersertifikat di seluruh lini perusahaannya. Lebih hebatnya lagi mereka diberikan prioritas untuk dapat berkarir di PT Kimia Farma Tbk.

2.jpg     5.jpg

Selain mendapatkan tunjangan beasiswa biaya hidup setiap bulannya, program ini turut memberikan kegiatan-kegiatan pembinaan guna meningkatkan softskill dan karakter para penerima beasiswanya. Mulai dari coaching, seminar hingga pelatihan-pelatihan kepemimpinan, komunikasi dan pemberdayaan masyarakat. Pada program ini penerima beasiswanya juga dilatih untuk membuat Social Project yang terdiri dari pilar-pilar Kesehatan, Lingkungan, Sosial Kemasyarakatan atau Pendidikan yang kemudian akan diaplikasikan oleh penerima beasiswa bersama dengan komunitas penerima beasiswa KSE “Paguyuban KSE” di seluruh PTN Mitra KSE.

Pada 12-14 Agustus 2021, diadakan Pelatihan BASECAMP I Batch 2.0 sekaligus meresmikan Program BASECAMP Batch 2.0 secara online. Kegiatan ini juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam peringatan Hari Ulang Tahun PT Kimia Farma Tbk. ke-50 tahun yang jatuh pada tanggal 16 Agustus 2021. Pada kesempatan ini para penerima beasiswa Kimia Farma Batch 2.0 dan Batch 1.0 turut memberikan kado ucapan selamat ulang tahun kepada Kimia Farma dalam bentuk video kompilasi.

3.jpg    Zoom_DmRZiaEgYg.png

Sebelum mengikuti pelatihan ini para penerima beasiswa juga diberikan sesi Pre-camp coaching bersama para professional coach yaitu Anita Virgyanti LCPC, Reni Dwi Wahyuni CEC, Dr Maria Eko Psikolog, Ivandhana LCPC dan Wiwik Erly PCC agar para mahasiswa ini siap untuk menerima materi dan berkontribusi aktif dalam setiap kegiatan pembinaan maupun social project. Hasilnya pada pelatihan awal ini mereka tampak bersemangat dan berperan serta aktif dalam setiap materi yang diberikan.

Program ini diresmikan oleh Dharma Syahputra – Direktur Umum dan Human Capital Kimia Farma dan sekaligus memberikan materi mengenai Value dan Company Profile Kimia Farma. Dharma Syahputra memaparkan terkait pemahaman Core Values AKHLAK yang diadaptasi oleh Kimia Farma kepada mahasiswa penerima beasiswa.

“Melalui kegiatan ini saya ingin membagikan terkait Core Values AKHLAK kepada mahasiswa. Saya percaya AKHLAK sangat baik untuk diadaptasi oleh siapa saja, terutama bagi mahasiswa pilihan terbaik yang akan mendapatkan beasiswa dan pembinaan dari Kimia Farma. Saya berharap AKHLAK dapat dijadikan sebagai prinsip hidup mahasiswa agar kelak mereka bisa menjadi penerus bangsa yang berintegritas.” Ungkap Dharma Syahputra.

Materi yang diberikan merupakan materi dasar seperti wawasan mengenai Value and Organization KSE, Program Corporate Social Responsibillity Kimia Farma, kepemimpinan, komunikasi, road map of life hingga materi nasionalisme dan wawasan kebangsaan. Materi-materi tersebut diberikan oleh Cherman – Manager Umum dan TJSL Kimia Farma, Tatan A. Taufik dan Satriadi Indarmawan (Dadit) – Founder dan Dewan Pengawas KSE, Felita Elizabeth – Donor Relation KSE, DR Yasmine Nasution – Donor Relation KSE, Hari Subagya – Professional Trainer, Rima Olivia – Professional Trainer dan Kolonel George Royke dari Universitas Pertahananan.

4.jpg

Tatan A Taufik dan Satriadi Indaramawan beserta ke-6 founder lainnya berharap bahwa mereka dapat turut berkontribusi untuk bangsa dengan “Mencerdaskan Kehidupan Bangsa” melalui pemberian beasiswa kepada para mahasiswa di seluruh penjuru Nusantara Republik Indonesia.

Pada kesempatan ini, Marsangap P. Tamba selaku Ketua Eksekutif KSE berharap kerjasama ini dapat berlangsung dengan baik dan memberikan manfaat bagi para mahasiswa dan masyarakat pada umumnya. Ucapan terima kasih kepada Kimia Farma atas dukungan dan kerjasama yang baik turut dipaparkan oleh Marsangap P. Tamba pada sambutan BASECAMP I Batch 2.0.

1.jpg


Related Posts