Protelindo Scholarship Gathering I

 

PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) merupakan salah satu donatur yang mulai bekerjasama dengan Yayasan Karya Salemba Empat (KSE) pada tahun 2021 ini. Sebagai salah satu kegiatan awal untuk para penerima beasiswa Protelindo maka diadakan kegiatan yang diberi nama “Protelindo Scholarship Gathering I”. Kegiatan ini merupakan bertujuan untuk memperkenalkan dan mempertemukan Protelindo dengan para penerima beasiswanya dan memberikan penjelasan mengenai value dan organisasi Protelindo dan KSE.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, 06 April 2021 melalui aplikasi online meeting Zoom pada pukul 09:00-15:00 WIB. Kegiatan ini diikuti oleh 50 mahasiswa penerima beasiswa Protelindo yang berasal dari 26 PTN di seluruh Indonesia. Dua orang mahasiswa dari Universitas Nusa Cendana (UNDANA) berhalangan hadir karena terkena musibah banjir bandang dan pemadaman listrik di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Kegiatan ini diawali dengan pemutaran lagu indonesia raya dan Mars KSE, selanjutnya pemberian sambutan oleh Bapak Ahmad Solihin selaku Wakil Ketua Yayasan Karya Salemba Empat sekaligus membuka acara Protelindo Scholarship Gathering I.

Kemudian dilanjutkan dengan simbolisasi Program Beasiswa Protelindo dan kemudian pembacaan profil narasumber dan  pemaparan materi oleh pemateri pertama yaitu Bapak Adam Gifari selaku Vice President Director PT Profesional Telekomunikasi Indonesia dengan materi “Value and Organization Protelindo. Bapak Adam Gifari pertama-tama menjelaskan mengenai visi & misi dari Protelindo dan core value dari Protelindo seperti Inovasi, Profesionalisme, integritas, mengenali pelanggan dan kerja sama tim. Kemudian dilanjutkan dengan memperkenalkan beberapa layanan bisnis yang ditawarkan oleh Protelindo seperti layanan sewa lokasi, pembangunan tower, layanan VSAT dan masih banyak lainnya. Terakhir Bapak Adam Gifari juga menjelaskan mengenai program beasiswa Protelindo baik yang jenjang Sekolah Menengah Atas dan Universitas dan juga menjelaskan mengenai beberapa program CSR yang dijalankan oleh Protelindo.

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari Universitas Udayana oleh Bapak IBW Gunam selaku Ketua Unit Beasiswa Universitas Udayana Setelah sambutan tersebut acara pun dilanjutkan ke sesi acara berikutnya yaitu Talkshow mengenai “Community Development” yang dibawakan oleh Bapak Hengky Poerwowidagdo selaku Sekretaris Eksekutif dan Chief Operating Officer dipandu oleh moderator.

Pukul 13.00 WIB materi selanjutnya diberikan oleh Bapak Arief Wana selaku Dewan Pembina KSE. Bapak Arief Wana menjelaskan tentang Value dari Yayasan Karya Salemba Empat bahwa dengan semangat memberi maka InsyaaAllah semua akan kembali kepada diri sendiri lagi. Mengapa pak Arief bergabung di KSE pada tahun 2005 karena pemikiran beliau sejalan dengan visi misi yang dibawa oleh yayasan KSE itu sendiri. Semua orang bisa memberikan donasi namun KSE ini berbeda karena selain memberikan donasi jga memberikan pelatihan untuk selalu mengembangkan soft skill para penerimanya dan memberikan semangat untuk para penerima bagi mahasiswa yang kurang mampu padahal dari sisi akademik sangat bagus.

Apa yang ingin dicapai dari visi kse ini menurut pak Arief, visi ada 2 ada secara kuantitatif dan kualitatif. Kuantitaif masih memiliki tantangan tersendiri, dilihat dari jumlah pendaftar per tahun melebihi 20.000 pendaftar sedangkan kekuatan KSE hanya bisa membantu 1.500 di antara pemdaftar tersebut, jadi dilihat dari segi kuantitatif masih jauh karena Target KSE jika bisa membantu 10000 mahasiswa per tahun, kemudian dari segi kualitatif ini sangat menarik mencari jalan keluar seperti memberikan motivasi dan pembekalan supaya mahasiswa lulusan kse untuk lebih siap menghadapi dunia kerja seperti melakukan tatap muka, sharing dari alumni dll. Awal target dari kualitatif adalah hal tersebut namun seiring dengan berjalannya waktu target kualitatif ini kemudian juga ditargetkan agar supaya bagaimana lulusan KSE ini setelah mereka lulus juga bisa mempunyai semangat untuk berbagi, membantu saudaranya yang lain. Jadi kuantitatif ingin mencapai jumlah penerima beasiswa yang lebih banyak se Indonesia, dan dari segi kualitatif yaitu kualitas para alumni dan juga semangat berbagi.

 

 

 

 


Related Posts