Yayasan Karya Salemba Empat (KSE) bekerjasama dengan PT. Manulife Aset Manajemen Indonesia menyelenggarakan Lomba Menulis Artikel Reksa Dana untuk putaran kedua di tahun 2018 yaitu di 5 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) mitra KSE yaitu USU, UI, UPI, UNDIP dan UNAIR. Setelah pada tahun sebelumnya yaitu tahun 2017 telah diselenggarakan oleh penerima beasiswa MAMI dengan Paguyuban KSE di 3 PTN yaitu IPB, ITB dan UB. 

Pelaksanaan kegiatan kali ini dilakukan langsung oleh para penerima beasiswa KSE dalam wadah komunitas penerima beasiswa “Paguyuban KSE”. Dengan proses administrasi dan sosialisasi yang cukup lama yaitu sejak bulan Juli hingga pelaksanaan Lomba Menulis Artikel PT. Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) di bulan September – November 2018.

Pada pelaksanaan lomba di kampus Universitas Airlangga (UNAIR) Jumlah artikel yang dikirimkan ke juri MAMI yaitu sebanyak 105 artikel dengan jumlah peserta lomba sebanyak 102 mahasiswa. Sebagai puncak dari kegiatan ini diselenggarakan kegiatan yang diberi nama “Penganugerahan Pemenang Lomba Menulis Artikel Reksa Dana MAMI” tidak hanya simbolisasi pemberian reward untuk para pemenang, tetapi juga diadakan workshop/focus group discussion (FGD) untuk memperdalam pemahaman mengenai Reksa Dana. Kegiatan ini dilakukan pada hari Kamis, 22 November 2018 pukul 09.00 – 13.30 WIB di Perpustakaan Kampus B, Lantai 1 Universitas Airlangga Kampus B, Surabaya. Dengan kapasitas ruangan hanya sebanyak 75 orang, kegiatan ini dihadiri oleh 99 orang mahasiswa sehingga menyebabkan beberapa orang harus duduk di bangku tambahan. Tetapi hal ini tidak menyurutkan antusias para peserta untuk mengikuti seminar. Para Peserta dibagi menjadi 8 kelompok dengan 4 topik pembahasan yaitu: 1) Ngutang vs Bayar Tunai, 2) Mahasiswa dan Investasi, 3) Investasi di Emas vs Reksa Dana, 4) Kemandirian Fiinasial.

 

Selesai melakukan diskusi perkelompok, kemudian peserta diminta untuk melakukan presentasi yang kemudian mendapatkan tanggapan dari Bapak Legowo Kusumonegoro – Presiden Direktur MAMI dengan moderator yaitu Ibu Dyah Wulandari – Head of Corporate Affair MAMI dan Ibu Siti Herlinda – CSR & Internal MAMI.

Adapun para pemenang lomba ini adalah:

  • Yunita Rahmania dengan artikel berjudul REKSA DANA, PRODUK INVESTASI SIMPEL BAGI MAHASISWA meraih Juara I dengan reward berupa Investasi Reksa Dana sebesar Rp.2 Juta.
  • Arina Rasyidhiani dengan artikel berjudul Reksadana Syariah Membuat Masa Depan Lebih Halal meraih Juara II dengan reward berupa Investasi Reksa Dana sebesar Rp.1,5 Juta.
  • Hasbi Ash Shidiq dengan artikel berjudul Hei Milenial, Yuk Investasi Reksa Dana meraih Juara III dengan reward berupa Investasi Reksa Dana sebesar Rp.1 Juta.
  • Medina Tyus Soraya Arifia dengan artikel berjudul Reksa Dana, Anak Muda Berinvestasi meraih Juara Harapan I dengan reward berupa Investasi Reksa Dana sebesar Rp.300 ribu.
  • Hasbi Ash Shidiq dengan artikel berjudul Raih "Financial Freedom" Bersama Reksa Dana meraih Juara Harapan II dengan reward berupa Investasi Reksa Dana sebesar Rp.300 ribu.
  • Widya Rizky Romadhona dengan artikel berjudul Investasi Pengaman Masa Depan meraih Juara Harapan III dengan reward berupa Investasi Reksa Dana sebesar Rp.300 ribu.

Juara I akan diikutsertakan untuk menjadi Juara Umum (berkompetisi dengan pemenang dari Kampus lainnnya yaitu USU, UI, UNDIP dan UPI. Artikel akan diupload di Intagaram MAMI, dan artikel dengan perolehan like terbanyak mulai dari tanggal 10 Desember 2018 akan mendapatkan reward investasi reksa dana sebesar Rp. 3 Juta.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Ibu Ami Tantri – Bendahara Eksekutif Yayasan Karya Salemba Empat yang memberikan sambutan untuk para peserta seminar dan Bapak Dr. M Hadi Subhan, SH., M.H., CN selaku Direktur Kemahasiswaan UNAIR memberikan sambutan dan sekaligus membuka acara. 


Related Posts