Kegiatan yang diselenggarakan oleh PT UBS Sekuritas Indonesia (UBSSI) & PT Ajaib Sekuritas Asia bersama Yayasan Karya Salemba Empat ini telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 Februari 2022 melalui Platform Zoom Meeting pada pukul 09.00-12.30 WIB. Peserta merupakan mahasiswa penerima beasiswa KSE yang berasal dari 7 PTN di Indonesia yaitu, POLINELA, UNILA, UB, ULM, UNCEN, UGM dan UNSRI. Peserta yang hadir berjumlah 55 mahasiswa. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh MC, dilanjutkan dengan pemutaran lagu Indonesia Raya, Mars KSE dan KSE Muda, kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

1.jpg

Selanjutnya acara diserahkan kepada MC yaitu Nilam Andriani dan materi penjelasan mengenai Capital Market yang disampaikan oleh Bapak Andre Tjahjamuljo selaku Country Operating Officer. Pada materi kali ini dipaparkan mengenai pengertian dari pasar modal yang merupakan tempat bertemunya pihak yang membutuhkan dana (penerbit efek/issuer) dengan pihak yang membutuhkan sarana investasi (investor) pada produk keuangan (Saham, Obligasi, Reksadana, dan lain-lain. Dijelaskan mengenai asal keuntungan dari investasi yaitu karena adanya inflasi. Inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus menerus (continue) atau dengan kata lain merupakan proses menurunnya nilai uang secara terus menerus. Untuk memulai investasi seorang investor harus mengetahui profil resiko dirinya sendiri. Salah satu cara berinvestasi yaitu dengan saham, karena saham adalah bukti kepemilikan suatu perseroan (perusahaan) yang merupakan klaim atas penghasilan dan kekayaan perseroan. Pada maeri pertama ini dijelaskan mengenai definisi dan basic knowledge dari investasi dan pasar modal. Sebelum investasi saham, seorang investor perlu untuk mengetahui mengenai garis besar dan prosedur untuk berinvestasi serta mempelajari dan mengaanalisa profil perusahaan itu sendiri.

2.jpg

Setelah materi pendahuluan, peserta mengikuti Investment Games dengan mengusung konsep simulasi investasi dimana seluruh peserta melakukan simulasi investasi dengan modal uang virtual sebesar 100 juta, peserta dibebaskan untuk memilih sektor mana yang akan mereka pilih untuk melakukan investasi dan seberapa besar persentase investasi mereka pada sektor tersebut. Beberapa sektor yang tersedia diantaranya Financial, Consumer, Mining, Infrastucture, dan Property. Investasi yang dilakukan dibagi dalam 4 fase sesuai dengan kondisi perekonomian yang terjadi pada fase tersebut. Kondisi perekonomian yang digunakan ialah pada tahun 2009-2020 dengan dibagi menjadi 4 fase. Investment Games mengajak para peserta untuk mengalokasikan dana investasi dengan melihat kondisi GDP Indonesia, Suku Bunga, Coal, Fuel Price, dan Electronic sehingga tergambar apa yang harus dilakukan ketika akan berinvestasi serta sektor mana yang menguntungkan jika kondisi perekonomian seperti yang dijelaskan dalam materi.

3.jpg  4.jpg

Materi selanjutnya disampaikan oleh Bapak Yazid Muamar selaku Financial Expert PT Ajaib Sekuritas Asia dengan judul “Cara Mudah Menjadi Investor & Tips Memilih Instrumen Investasi yang Tepat”. Pada materi ini dijelasan mengenai beberapa instrumen investasi seperti saham, reksadana saham, obligasi, tabungan, deposito berjangka dan lain-lain. Memilih instrument untuk investasi harus menganut prinsip profil resiko. Dalam investasi dikenal istilah high risk high return, low risk low return. Pada materi ini peserta juga diajarkan mengenai bagaimana cara mudah untuk memulai berinvestasi karena era digital memungkinkan calon investor untuk mendaftar secara online tanpa perlu pergi ke kantor cabang.

Sesi yang terakhir ialah materi mengenai berkarir di pasar modal yang disampaikan oleh Bapak Joshua Tanja dan tim dari PT UBS Sekuritas Indonesia yang memberikan gambaran umum berkarir di dunia pasar modal dan gambaran dari divisinya masing-masing. Ada banyak sekali posisi yang dibutuhkan dalam industri ini, salah satunya ialah dealer/trader, sales, research analyst, legal and compliance dan lainnya. Dalam mencapai karir ini diperlukan berbagai macam lisesnsi/keahlian yang berbeda sesuai dengan posisi jabatan yang dituju. Berkarir di pasar modal dapat dilakukan oleh semua orang dari berbagai background keilmuan asalkan memiliki ketertarikan, kemauan yang tinggi dan basic knowledge tentang dunia pasar modal.

5.jpg  4.jpg

Setelah sesi materi selesai, selanjutnya ialah tanya jawab. Dalam sesi tanya jawab ini, beberapa peserta mengajukan pertanyaan yaitu tentang tips untuk memulai investasi serta mengenai potensi pemula dalam berinvestasi jangka panjang dalam pasar modal. Peserta juga menanyakan lebih jauh terkait posisi yang dapat di apply untuk berkarir di pasar modal serta kualifikasi dan kompettensi yang harus dipersiapkan. Acara ditutup dengan summary acara oleh MC.

7.jpg


Related Posts