Bank Sampah RW 09 Kelurahan Cinangka, Sawangan, Depok yang selama ini didukung oleh PT Bank BNP Paribas Indonesia (“BNPPI”) telah berjalan sejak Agustus 2022 dan berhasil menginisiasi gerakan pengumpulan sampah agar menjadi barang yang menghasilkan. Sebagai bentuk pengembangan program Bank Sampah ini, BNPPI bersama Yayasan Karya Salemba Empat (“KSE”) melalui komunitas penerima beasiswa Paguyuban KSE UIN Syarif Hidayatullah (“UINJKT”) mengadakan kegiatan pendampingan lanjutan berupa Seminar Pengelolaan Keuangan Bank Sampah. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada warga mengenai Pengelolaan Keuangan Keluarga dan khususnya Bank Sampah seperti Pembukuan dan lainnya. Sabtu, 10 Desember 2022 kegiatan dilakukan sejak pukul 09.00 – 11.00 WIB di Bank Sampah Cinangka RW 09.

1.jpg

Jumlah warga yang hadir pada kegiatan ini sebanyak 25 orang dengan jumlah peserta ibu-ibu rumah tangga sebanyak 23 orang. Pendamping dan narasumber dari BNPPI sebanyak 5 orang yaitu:

·        Anna Mamahit, Compliance Officer di PT BNP Paribas Sekuritas Indonesia

·        Joshua J, Investment Banking di PT BNP Paribas Sekuritas Indonesia

·        Yurika Jo, Investment Professional di PT BNP Paribas Sekuritas Indonesia

·        Vivian Wijaya, Investment Banking M&A di PT BNP Paribas Sekuritas Indonesia

·        Dewi Maya Muharam, Senior Secretary di PT BNP Paribas Sekuritas Indonesia

3.jpg

Kegiatan diawali dengan pemberian materi mengenai Pengelolaan Keuangan dan dilanjutkan dengan diskusi bersama per kelompok yang didampingi oleh BNPPI dan Paguyuban KSE UINJKT. Hasil yang didapatkan pada kegiatan ini adalah masih ada beberapa hal yang perlu dikembangkan lagi dari Bank Sampah ini yaitu menjaring anggota lebih banyak lagi, sosialisasi barang dan harga dari sampah yang dapat ditampung dan dijual ke pengepul, meningkatkan harga jual ke pengepul karena bersaing dengan pengepul keliling serta pemanfaatan sampah plastik yang tidak dapat dijual kembali menjadi barang-barang yang dapat digunakan kembali seperti ecobrick dan kerajinan tangan. Hal ini ditampung oleh KSE dan BNPPI dan akan dicarikan solusi bersama.

2.jpg

Selain program Bank Sampah di RW 09, Paguyuban KSE UINJKT juga mengelola program community development (comdev) lainnya yaitu Budidaya Ikan Bawal, Pemanfaatan Sampah Organik untuk Budidaya Maggot dan Pemanfaatan eceng gondok yang tumbuh liar di kolam menjadi Pelet Ikan di Pemancingan Cinangka Indah.

4.jpg

Setelah kegiatan di Bank Sampah, BNPPI dan KSE bergeser ke lokasi comdev tersebut untuk melakukan monitoring dan berdiskusi lebih lanjut mengenai program di Pemancingan Cinangka Indah yang dihadiri pula oleh Hengky Poerwowidagdo sebagai Sekretaris I & Chief Operating Officer KSE. Program comdev ini melibatkan warga di Pemancingan Cinangka Indah. Harapannya dengan program ini dapat menjadi tambahan pendapatan bagi warga sekitar.

5.jpg


Related Posts