Kegiatan ini diikuti oleh 36 mahasiswa dari 8 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia yang merupakan penerima beasiswa PTPN III dan Yayasan Karya Salemba Empat (KSE). Penerima Beasiswa PTPN III terdiri dari 17 mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU), 4 mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), 3 mahasiswa Universitas Indonesia (UI), 2 mahasiswa Universitas Brawijaya (UB), 3 mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM), 2 mahasiswa Universitas Diponegoro (UNDIP), 4 mahasiswa Universitas Padjajaran (UNPAD) dan 1 mahasiswa Universitas Udayana (UNUD). Pelatihan ini berlangsung dari tanggal 17 – 22 Juli 2019 di Pusdiklat Sei Karang, Sumatera Utara.

1.jpg   2.jpg

Acara diawali dengan pembukaan kegiatan, yang dihadiri oleh Kepala Bagian SDM PTPN III Bapak Kamal Fasya Pakpahan, Chief Operating  Officer KSE Bapak Hengky Poerwowidagdo, staff PTPN III dan KSE. Setelah acara pembukaan para peserta di arahkan ke Pabrik Kelapa Sawit di KP Rambutan. Dalam hal ini setiap peserta mendapatkan materi tentang gambaran umum tentang perkebunan, mulai dari sejarah berdirinya PT Perkebunan Nunsatara III sampai  budaya perusahaan yang diterapkan baik di Pabrik maupun di perkebunan. Di hari esoknya para peserta turun langsung ke perkebuanan Kelapa Sawit dan Karet. Selain itu juga melihat olahan sawit secara langsung di Pabrik Kelapa Sawit KP Rambutan.

3.jpg      4.jpg

Di hari ke tiga para peserta menerima materi “Career Management” dibawakan oleh Kepala Bagian Admin Personalia Bagian Sumber Daya Manusia PTPN III, Ibu Yunita Nasution. Para peserta dibekali mengenai gambaran jenjang karir yang ada di PTPN III guna mempersiapkan para peserta untuk menghadapi dunia karir di PTPN III. Selanjutnya menerima materi “How To Present Yourself I”  dari Ibu Rima Olivia (Trainer Dayaguna Consulting) . Selain itu juga menerima materi dari Bapak TO Suprapto mengenai dasar-dasar kewirausahaan dalam budidaya pertanian yang merupakan sebagai modal dasar bagi para peserta untuk diterapkan di lokasi social project dan di paguyuban masing-masing.

5.jpg    6.jpg

Pada hari Sabtu tanggal  20 Juli 2019 para peserta menerima materi dari Ibu Rima Olivia mengenai “How To Present Yourself II” dan “Presentation For The Employee”. Di hari selanjutnya para peserta menerima materi dari Alumni KSE yang berada di Sumatera Utara. Mereka menerima materi “Career Coaching” mengenai bagaimana pembuatan CV dan alur interview kerja. Dihari ke enam para peserta melakukan Kegiatan Pengabdian Masyarakat. Pada kegiatan ini, seluruh peserta bekerjasama untuk mengimplementasikan seluruh pengetahuan mereka kepada masyarakat sekitar PTPN sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada pihak PTPN dalam dua bentuk program Program KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) dan Program pembinaan. Program KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) yang dibangun di tiga pekarangan rumah warga yang mencakup pembudidayaan sayuran dengan metode verticultur menggunakan wadah paralon dan pembudidayaan ikan lele pada kolam yang tersedia.

8.jpg    9.jpg

Program pembinaan penggunaan sosial media pada kelas tujuh dan pelatihan mengenai OSIS Sekolah di SMP YPAK. Tujuan diadakan kegiatan ini untuk memberitahu secara spesifik dampak buruk dari gadget di usia dini serta memberi motivasi agar tidak memakai gadget secara berlebihan untuk menghasilkan dampak yang positif. Selain itu, pembinaan kepada OSIS juga bertujuan untuk menciptakan para pemimpin yang siap untuk memberikan perubahan yang positif kepada sekolah dan mendorong mereka untuk turut aktif dalam pengorganisasian OSIS di sekolah. Setelah itu sore harinya acara penutupan PTPN III Leadership Camp II Batch 1 berlangsung di Pusdiklat Sei Karang.  


Related Posts