Sekolah Lapangan Nekamese, Kupang NTT 27-30 November 2014

Kegiatan ini berangkat dari kepedulian KSE terhadap rekan-rekan penerima beasiswa wilayah timur dan semangat untuk mengembangkan Sharing Networking dan Developing untuk meningkatkan kecerdasan generasi penerus bangsa. Kamis sore 27 November, 55 penerima beasiswa KSE Universitas Nusa Cendana tiba di Sekolah Lapangan Nekamese. Setiba ditempat para peserta dbreefing oleh officer mengenai kegiatan Leadersip Camp ini. Para pelatih dan officer memberikan pengarahan serta target yang diinginkan dari pelatihan ini. Selain itu Hengky Poerwowidagdo selaku Chief Operating Officer KSE memberikan penjelasan mengenai program unggulan KSE yakni Technologi For Indonesia (TFI) dan Social Entrepreneur (SEC) kepada penerima beasiswa KSE UNDANA, program ini merupakan salah satu program unggulan KSE yang sedang digalakan kepada seluruh penerima beasiswa KSE.

undana9.jpg

Hari kedua, Jum’at 28 November 2014, Hari Subagya yakni trainer senior People Develope People memebrikan materi kepada peserta tentang “Perubahan menuju Efektif dan Kesuksesan”. Peserta diberikan motivasi dan diajak untuk menggali kemampuan dasarnya serta membangun harapan-harapan. Sebagai bentuk apresiasi dan hukuman, peserta diberikan pita biru dan merah yang harus dikenakan sampai akhir acara, para peserta dibagi dalam beberapa kelompok dan ditunjuk leader dalam setiap kelompok, leader bertanggungjawab atas performa anggota kelompoknya. Sangat menarik, dengan cara tersebut peserta terpacu untuk aktif dan menjadi yang terbaik dalamn setiap sesi, selain itu peserta juga distimulasi untuk menjadi insan yang mudah terinspirasi hal positif. Dengan demikian peserta terarah untuk keluar dari zona nyaman, mental block, emosi negatife, blaming, masa lalu yang kelam, khawatir akan citra diri dan ketakutan akan masa depan.

undana10.jpg

Sesi selanjutnya adalah “Fondasi mentalitas Efektif” pada sesi ini peserta diarahkan untuk membuka mental block, menjadi insan yang pandai bersyukur. Mudah bukanlah sebuah pilihan, peserta diajarkan untuk terus melatih diri dan berinteraksi menebar kebaikan. Selain itu, peserta diajarkan juga bahwa untuk menjadi seorang leader harus bisa melihat sesuatu yang masih samar dan melihat yang belum jelas.

Menindaklanjuti sasaran dari kegiatan ini, selanjutnya Cahyana Puthut Wijanarka fouder People Develope People, memberikan materi tentang “Communication Skill. Tujuannya adalah supaya peseta dapat berkomunikasi dengan baik, bisa menyampaikan gagasan-gagasan sevcara terstruktur. Hal yang menarik disini adalah bahwa beberapa hal dapat dilihat dari berbagai sudut pandang dan dapat disajikan ulang sesuai dengan bidang masing-masing insan yang menceritakan tersebut.


Related Posts