akmil18-1.JPG

Sebanyak 141 Mahasiswa dari 27 Perguruan tinggi Negeri di Indonesia mengkuti latihan kepemimpinan di Akademi Milter (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, berlangsung sejak hari Selasa (06/02/2018) hingga Senin (12/02/2018).

Mereka adalah para penerima beasiswa yang dikelola oleh Yayasan Karya Salemba Empat (KSE) terdiri dari penerima Beasiswa PT. Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) sebanyak 105 mahasiswa dan 36 mahasiswa penerima Beasiswa Give2Asia.

akmil18-2.JPG

Acara Tersebut dibuka oleh Wakil Gubernur Akademi Militer Brigjen TNI Wirana Prasetya Budi dan disaksikan Chief Operating Officer KSE Hengky Poerwowidagdo, Direktur Indofood Joseph Bataona, CSR Dept. Head Indofood Deni Puspahadi dan CSR Manager Indofood Bimantoro Panji Triadi.

 

Selama 7 hari para peserta mendapat pelatihan yang langsung dilatih oleh para pelatih di AKMIL. Setelah selesai pembukaan para peserta mendapatkan materi “Jam Dan” dari Wakil Gubernur AKMIL. Di hari yang sama selesai itu siang hari nya jam 13.30 – 15.00 mendapatkan materi dari Direktur Indofood Bapak Joseph Bataona dengan judul “Sharing Life Experienes”. Setelah materi-materi tersebut di malam harinya mendapatkan materi kembali yang berjudul “Proxy War” dari Letkol arh Heri Wijanarko, S.Sos, M. Sc.

akmil18-7.jpg

Dihari Rabu tanggal 7 Februari 2018 para peserta menjalankan senam pagi, pembersihan, makan pagi dan Apel pagi. Selanjutnya dilakukan nya Pelatihan Baris Berbaris dari pukul 07.00-09.15. Selesai itu para peserta masuk ruangan Ged. Kailola dan langsung mendatkan materi “Pembentukan Karakter” oleh Letkol Arm Aprianko Suseno, S. Sos. Pada siang harinya selesai para peserta istirhat dan makan siang Kolonel Joko Purnomo memberikan materi “Wawasan Kebangsaan”. Di malam harinya para peserta mempelajari “Pengetahuan Senjata” oleh Kapten Inf Gunanta.

Kamis 8 Februari 2018 para peserta di apgi melakukan aktifitas seperti biasa dari senam pagi, makan pagi dan Apel pagi dan tidak lupa latihan Baris Berbaris. Pukul 09.45 pserta kembali masuk ke dalam ruangan Ged. Kailola untuk mendapatkan materi Pengetahuan “Navigasi Darat” oleh Kapten Inf Tugiyo. Materi “Pertahanan Negara” para peserta di ajarkan oleh  Letkol Caj Sugeng Dikari, S.H.,M.H. di siang hingga sore hari. Pada pukul 07.00 malam para peserta melakukan Caraka Malam yang di mana mereka belajar bagaimana menggunakan kompas secara langsung, yang di ajarkan oleh Kapten Inf Kusaini.

akmil18-3.JPG     akmil18-5.jpg

Di hari ke empat pada hari jum’at tanggal 9 Februari 2018 mendapatkan materi dari Letkol Inf Suluh Usada Adi, S.H., M.H. yang berjudul “Kepemimpinan”. Lanjut di siang hari materi Pengetahuan Survival oelh Kapten Inf Joko Setiyono. Malam harinya para peserta saling diskusi yang dibagi 4 ruang kelas.

akmil18-8.jpg                        akmil18-9.jpg

Tanggal 10 Februari 2018 yang jatuh pada hari sabtu mendapatkan materi dari para pengurus Karya Salemba Empat dan materi memperkenalkan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Dimulai pukul 09.00 menerima materi dari Dewan Pengawas KSE yakni Tatan A. Taufik yang memberikan materi “KSE Value/Sharing-Network-Developing”. Selanjutnya di siang harinya materi “Hiduplah Cintailah” dari Ketua Dewan Pengawas KSE Satriadi Indarmawan. Di malam hari materi dari Wakil Ketua KSE Ami Tantri yaitu “Integrating Life Potentials”. Selesai materi dari Wakil Ketua KSE lanjut materi dari PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. menjelaskan apa saja produk-produk dari Indofood dan juga apa saja yang dikerjakan, yang di jelaskan oleh CSR Manager Indofood Bimantoro Panji Triadi dan CSR Spv Indofood Santo Hura.

akmil18-6.jpgDi hari ke enam tepatnya hari Minggu tanggal 11 Februari 2018 para peserta melakukan Outbound yang dipimpin oleh Mayor Inf Wagiman. Selesai itu mereka malakukan kunjungan ke museum AKMIL. Setelah melakukan pelatihan selama 6 hari lamanya mereka saling sharing dengan perwakilan dari KSE dan Indofood. Dari KSE ada Helmi Setiawan, dari Indofood Bimantoro Panji Triadi dan Santo Hura.

 

Selesai sharing dengan KSE dan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk mereka mendapatkan Renungan Malam dari Serma Mustofa. Selanjutnya para peserta melakukan Upacara penutupan yang dipimpin oleh CSR Manager Indofood Bimantoro Panji Triadi.

akmil-18-10.jpg

Dihari terakhir Senin tanggal 12 Februari 2018 para peserta selesai senam pagi naik ke puncak Tidar. Selesai itu para peserta melakukan kepulangan ke masing-masing Perguruan Tinggi Negeri.

 


Related Posts