Mahasiswa penerima Beasiswa Indofood Sukses Makmur (BISMA) menyelenggarakan seminar nasional bertajuk "Peran Pemuda dalam Mendukung Ketahanan Nasional Era of Things Menyambut Revolusi Industri 4.0" di Graha Sanusi Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Sabtu (22/9/2018).

Seminar nasional atau Semnas yang melibatkan sejumlah mahasiswa dari 31 Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam Paguyuban BISMA Nusantara itu dibuka oleh Direktur Pendidikan dan Kemahasiswaan Unpad, Wawan Hermawan yang secara simbolis membunyikan angklung.

Saat pembukaan tersebut hadir pula CSR Manager PT Indofood Sukses Makmur Tbk, Patricia Lamidin; Ketua Dewan Pembina Yayasan Karya Salemba Empat (KSE), Mirza Adityaswara; dan dua keynote speaker, Kepala Bidang Perindustrian Teknologi Industri Kementerian Perindustrian RI, Bambang Riznanto; dan Direktur Jendral Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informasi RI, Ir Ismail.

Ketua Pelaksana, Risqi Kelvin Kusnandar mengatakan seminar nasional tersebut merupakan wujud nyata mahasiswa penerima beasiswa Indofood untuk mengaplikasikan ilmu yang diterimanya dari pelatihan-pelatihan yang telah dilaksanakan sebelumnya.

"Sebagai penerima BISMA, selain beasiswa pendidikan, kami juga mengikuti empat tahap pelatihan-pelatihan softskill," ujar Risqi Kelvin Kusnandar, Ketua Pelaksana Semnas dalam sambutannya di Graha Sanusi Unpad Bandung, Sabtu (22/9/2018).

Adapun pengambilan tema Revolusi Industri 4.0 dan satu di antara komponen utama yaitu Internet of Things (IoT), menurut Risqi karena pada era kedua hal tersbeut tengah memperngaruhi berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk peluang dan tantangannya.

Untuk itu Risqi mengingatkan para generasi muda sebagai pengguna terbesar IoT di Indonesia, perlu menambah wawasan, memahami dan mendalami IoT, sehingga dapat berperan aktif memanfaatkan teknologi berbasis IoT tersebut untuk mendukung ketahanan nasional.

Dalam Semnas tersebut, Ketua Pembina Yayasan KSE sekaligus Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Mirza Adityaswara menyampaikan Keynote Speech dengan topik Peran Bank Indonesia pada digital ekonomi

Selain itu, Semnas tersebut juga menghadirkan pembicara yang di antaranya;  Andry Wiryanto, Vice President Engineering and Technology PT Indofood Sukses Makmur Tbk Divisi Bogasari;  Andri Rahmadhani, dari Embedded Engineer of Bukalapak; dan Cania Citta Irlanie, dari Content Creator dan Youtuber atau Vlogger GEOLIVE ID.

Melalui Semnas yang menghadirkan pemateri berpengalaman tersebut, Direktur Pendidikan dan Kemahasiswaan Unpad, Wawan Hermawan mengaku sangat mengapresiasi inisiatif mahasiswa BISMA dan mengapresiasi pihak manajemen Indofood serta Yayasan KSE yang telah mendukung baik secara moril serta materil.

Untuk diketahui Program Bisma merupakan program pemberian beasiswa hasil kerjasama PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) dan Yayasan Karya Salemba Empat (KSE), yang telah berlangsung sejak 2008.

Tidak hanya memberikan dana pendidikan, program BISMA pun terintegrasi dengan pelatihan-pelatihan berjenjang bernama Indofood Leadership Camp (ILC, meliputi aspek leadership, cinta tanah air dan konsep pengembangan karakter dan potensi diri.

Ketua Dewan Pembina KSE mengatakan, dengan rangkaian kegiatan ILC ini yang ditutup dengan Seminar Nasional BISMA, diharapkan para peserta dapat mengimplementasikan ilmu serta pembekalan yang telah diberikan.

Harapan senada juga diungkapkan Ketua Yayasan Karya Salemba Empat (KSE), Marsangap P. Tamba.

"Semoga ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa dalam mengembangkan kompetensi diri, berinteraksi, kerja sama tim, kreatif, berani memgambil risiko, melatih jiwa kepemimpinan, dan mampu mendelegasikan tugas serta siap bersaing di dunia pasca kampus," ujar Marsangap.


Related Posts