1.jpg

PT. Indonesia Asahan Aluminium (Persero) dan Karya Salemba Empat mengadakan kegiatan “INALUM Leadership Camp I Batch I” yang diselanggarakan di Hotel Raz Residence, Medan – Sumatera Utara tanggal 18 – 25 September 2019. Kegitan ini di hadiri oleh 96 peserta terdiri dari Universitas Sumatera Utara (USU) 49 mahasiswa, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) 22 mahasiswa dan Universitas Negeri Medan (UNIMED) 25 mahasiswa.

2.jpgKegiatan ini di awali pada hari Rabu tanggal 18 September 2019 dengan menerima materi dari Bapak Satriadi Indarmawan judul materi “Hiduplah dan Cintailah”. Materi tentang bagaimana para peserta dapat memahami bagaimana menyinkronkan pikiran, hati dan badan agar tujuan tujuan yang impossible dapat menjadi possible dan materi ini juga mengajarkan para peserta untuk senantiasa bersyukur. Dan dilanjutkan dengan materi “Tantangan Generasi Millenial”.

Dihari kedua dilakukan acara pembukaan kegiatan Camp ini yang dihadiri oleh CSR Manager PT INALUM, Bapak Ismail Midi beserta staf PT INALUM dan dihadiri oleh Ketua Yayasan Karya Salemba Empat Bapak Marsangap P. Tamba, Chief Operating  Officer KSE Bapak Hengky Poerwowidagdo dan Staff KSE. Selain itu juga diadakan sesi Talkshow yang berjudul “Leadership”. Siang harinya INALUM memberikan materi tentang “Company Profile & Core Base Management INALUM” oleh Bapak  Alif Zulfahmi selaku Supervisor Humas PT INALUM dan  “Gambaran Program CSR INALUM” oleh Bapak Thaofan Dinar Ekosyahputra Selaku Officer CSR PT INALUM. Malam harinya menerima materi Bapak Kolonel George Royke, menjelaskan tentang bagaimana mencintai NKRI dari hal-hal yang kecil seperti selalu melestarikan dan menjaga lingkungan, stop hoax, saling toleransi terhadap sesama, menajauhi narkoba, pornografi dan pergaulan bebas serta selalu menjaga kesatuan dan persatuan Indonesia.

3.jpg  4.jpg

Hari Jumat, 20 September 2019 menerima materi dari Bapak Kolonel George Royke mengenai “Wawasan Kebangsaan”. Kemudian Bapak Hari Subagya memberikan Materi “Mentalitas Dasar Perubahan Perilaku Menuju Keefektifan Diri” dan “Your Journey to the Ultimate”. Setelah Mendapatkan materi dari Bapak Hari, selanjutnya materi kembali oleh Bapak Kolonel George Royke Deksino mengenai proses yang menggunakan pihak ke-3 sebagai pengganti berkelahi satu sama lain secara langsung. Dijelaskan juga mengenai Indonesia dalam menyikapi Proxy War ini.

7.jpgDihari ke empat Ibu Vivid Argarini memberikan materi tentang “Communication & Information” dan “Komunikasi Antar Budaya”. Kemudian Menerima materi “Creative Thinking” dari Bapak Hari Subagya. Malam harinya menrima materi dari Bapak Tjutjut Bramantoro dengan judul materi “Design for Life I” mengenai Raga, hati,  Rasa dan Harta.

Di hari selanjutnya kembali Bapak Tjutjut Bramantoro memberikan materi “Design for Life II”. Dilanjutkan dengan Bapak Sujarwo dengan judul materi “360 Degree Leadership” dan “Leadership in Community”. Selanjutnya di malam harinya menerima materi “Kakak Asuh” materi ini  dibawakan oleh Alumni KSE , kakak asuh berperan sebagai mentor dan motivator yang nantinya akan mendampingi dan membangun peta hidup adik asuh melalui sharing dengan adik asuh , serta  adik asuh untuk membuat sebuah rencana ketika di paguyuban akan memberikan kontribusi apa.

5.jpg   8.jpg

Senin tanggal 23 September para peserta Camp menerima materi “KSE Organization” dibawakan oleh Bapak Hengky Poerwowidagdo, dengan tujuan agar peserta mengetahui bagaimana organisasi KSE bekerja, mengenal pemimpin dan para staff KSE dan bagaimana hubungan KSE dengan paguyuban untuk saling bekerjasama sehingga para peserta diharapkan dapat ikut berpartisipasi di dalam Paguyuban. Selain itu, 13.jpgUNIMED dan UINSU sebagai keluarga baru dari Paguyuban KSE diharapkan nantinya dapat membentuk Paguyuban KSE di kampusnya masing – masing dan dapat berkontribusi bagi kampus dan masyarakat. Selanjutnya menerima materi dari Bapak Bambang Sarwo Eddy (TWC) dengan Materi “Prinsip-prinsip Pembentukan Desa Wisata/ Balkondes. Peserta dibukakan tentang bagaimana prinsip Pembentukan Desa Wisata (Balai Ekonomi Desa) melalui apa yang telah dikerjakan oleh pemateri dalam pekerjaannya sebagai pemerhati wilayah wisata yakni Candi Borobudur, the largest budhist temple in the world. Peserta juga menerima materi tentang “Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Wisata” dan “Perencanaan Proyek Berbasis Tujuan” oleh Bapak TO Suprapto(Joglo Tani).

11.jpg   10.jpg

Sehari sebelum hari berakhirnya camp ini kembali para peserta menrima materi dari Bapak Hengky Poerwowidagdo dengan judul materi “Sharing Paguyuban KSE”. Dan selanjutnya menerima materi yang dibawakan oleh Bapak TO Suprapto mengenai dasar-dasar kewirausahaan dalam budidaya pertanian yang merupakan modal dasar bagi para peserta untuk diterapkan dalam project  yang akan dikerjakan bersama – sama dengan INALUM . Setelah memperoleh materi Perencanaan Bina Desa I, para peserta diarahkan  mendiskusikan  project Bina Desa yang akan dilaksanakan di daerah sekitar PT.Inalum. Pesera dibagi menjadi beberapa kelompok dan sebelum diskusi dimulai peserta terlebih dahulu dibukakan hasil survey abang kakak bersama INALUM tentang kondisi daerah-daerah sekitar PT.Inalum. Para peserta diberi kesempatan untuk mempresentasikan project kelompoknya masing – masing. Presentasi dan projectnya dinilai oleh 4 orang Juri yang memberikan kritik dan saran.

15.jpg    14.jpg

Di hari terakhir tanggal 25 September 2019 para peserta bergegas menuju Pabrik PT. INALUM (Persero). Disni para peserta menerima penyambutan dan materi “Pengenalan Profil PT. INALUM (Persero). Selanjutya peserta camp melakukan kunjungan Pabrik INALUM di Kuala Tanjung yang dipandu langsung oleh Staff Inalum. Peserta ditunjukkan bagaimana proses di dalam pabrik dan fasilitas – fasilitas yang dimiliki Inalum yakni Pelabuhan, Stasiun dan fasilitas lainnnya.

16.jpg    17.jpg

Setelah menjalankan segala aktivitas pelatihan selama 8 hari, perwakilan peserta melakukan presentasi seluruh kegiatan dan diakhiri dengan upacara penutupan dan foto bersama. Kemudian seluruh peserta kembali pulang ke kampusnya masing – masing dengan Bus yang telah disediakan.


Related Posts