5.jpg

Guru merupakan salah satu unsur terpenting dalam pendidikan. Baik buruknya kualitas pendidikan sangat ditentukan oleh standar kualitas guru. Oleh karena itu, guru perlu meningkatkan kompetensinya. Kegiatan-kegiatan seperti pelatihan, pembekalan, dan pemberdayaan guru tentu sangat penting untuk meningkatkan kualitas mereka. Dengan meningkatkan standar kualitas guru di Indonesia, kualitas pendidikan pun akan meningkat pula. Bagaimana pun, pendidikan adalah sesuatu yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas kehidupan bangsa.

1.jpg     2.jpg

Sebagai bentuk apresiasi kepada pendidik khususnya pendidik alumni KSE dan kepedulian terhadap pendidikan di Indonesia, bapak Pramukti Surjaudaja yang merupakan salah satu donatur KSE dan Give2 Asia bekerjasama dengan Yayasan Karya Salemba Empat (KSE) mengadakan program pelatihan “Capacity Building for Innovative Teachers”.

3.jpgProgram pelatihan ini diikuti sebanyak 26 pendidik alumni KSE yang datang dari berbagai daerah di Indonesia antara lain dari Bukittinggi, Bogor, Bandung,  Surabaya, Kab. Bulungan Pulau Bunyu Kalimantan Utara, Kab. Mamuju Sulawesi Barat, Kab. Sigi Sulawesi Tengah, Kab. Panajam Paser Utara Kalimantan Timur,  sampai dengan Kota Kupang NTT. Pelatihan ini dilaksanakan di Hotel Plaza - Semarang, Jawa Tengah pada tanggal 27 -  29 Juli 2018. Mereka mendapatkan berbagai materi dari pemateri profesional.

Program  pelatihan ini bertujuan untuk dapat meningkatkan profesionalisme, kualitas dan kapasitas pendidik serta membentuk jiwa pendidik untuk mencintai profesinya yang pada akhirnya diharapkan akan dapat berkontribusi terhadap kemajuan pendidikan di Indonesia.

4.jpg

Rangkaian kegiatan pelatihan KSE Capacity Building for Innovative Teachers diisi dengan pembelajaran di kelas dengan materi yang membangkitkan motivasi serta dalam bentuk focus group discussion. Pelatihan ini diisi oleh pemateri dari kalangan professional antara lain Dr. Munif Chatib, Harri Firmansyah, Prof. Gede Raka, Sujarwo Silas, Hari Subagya & Cahyana Puthut Wijanarka dari People Develop People.


Related Posts