Scholarship Program

Scholarship
Sharing
Networking
Developing
Sharing, Networking dan Developing merupakan semangat Yayasan Karya Salemba Empat dalam menjalankan program beasiswa, komunitas dan pembinaan. Program Beasiswa  yang ada di Yayasan KSE adalah :

 

 

Program Beasiswa Reguler

Beasiswa bagi mahasiswa program sarjana (S1). Program ini diselenggarakan untuk membantu kebutuhan finansial mahasiswa yang membutuhkan. Tujuannya untuk mendorong dan turut mempersiapkan penerima beasiswa menjadi lulusan yang memiliki integritas, berwawasan kebangsaan, cinta pada tanah air, nusa dan bangsa. Tunjangan beasiswa sebesar Rp.600.000,- per bulan selama 1 tahun dan dapat diperpanjang. Selain itu, para peserta program berkesempatan mengikuti program pembinaan yang diselenggarakan oleh KSE seperti Tatap Muka, Leadership Program, Seminar, Workshop dan Coaching.

 

Program Beasiswa Unggul

Beasiswa bagi mahasiswa program sarjana (S1) yang telah menerima beasiswa KSE minimal 1 tahun dengan perkembangan prestasi yang sangat baik dan aktif diberbagai kegiatan sosial. Tujuannya untuk mengembangkan kompetensi profesional dan interpersonal bagi mahasiswa berprestasi.

Tunjangan beasiswa sebesar Rp.600.000,- per bulan selama 1 tahun dan dapat diperpanjang. Tunjangan SPP/BOP sebesar Rp.1.500.000,- per semester selama 1 tahun akademik. Selain itu, bantuan biaya skripsi / tugas akhir (besaran disesuaikan kebutuhan) Prioritas dalam mengikuti program pembinaan.

 

Program Beasiswa Teknologi untuk Indonesia

Sebuah program pelatihan untuk menghasilkan insan-insan muda yang memiliki potensi yang senantiasa mengembangkan pemikiran dan sikap kritis, dinamis dan idealis tidak hanya ditentukan dari nilai akademik saja, melainkan juga kreativitas, sikap dan perilakunya. Dengan memiliki kemampuan kreativitas yang dapat diandalkan, mahasiswa diharapkan dapat mengasah kemampuan berpikir analitis dan logis dengan mengkomunikasikan, mengimplementasikannya baik dalam kelompok kerja atau melakukannya secara mandiri. Dengan kemampuan kreativitas ini, diharapkan mahasiswa juga memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitar akan selalu berpikir untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang telah dipelajari dan dikuasai.

Program bagi mahasiswa program sarjana (S1) dan alumni penerima beasiswa yang memiliki semangat kuat dalam penerapan teknologi inovatif. Tujuannya untuk Mendorong dan turut mempersiapkan peserta program technopreneur muda yang turut aktif melakukan pemberdayaan masyarakat. Besaran tunjangan tergantung pada biaya riset/penelitian dengan mempertimbangkan aspek manfaat. Berkesempatan mengikuti program Pembinaan Teknologi Untuk Indonesia. Selain itu dimungkinkan difasilitasi untuk implementasi riset/penelitian Jika dimungkinkan difasilitasi untuk mempatenkan karya dan diproduksi dalam skala industri

 

Program Beasiswa Kewirausahaan Sosial

Program ini bertujuan untuk membangun jiwa kewirausahaan dengan pendekatan pemecahan masalah sosial. Dengan program ini diharapkan dapat menghasilkan wirausahawan yang memiliki kepedulian terhadap pembangunan masyarakat disekitarnya. Mahasiswa terpilih akan mengikuti pelatihan yang berkesinambungan dan berjenjang dengan metode pengajaran yang seimbang antara teori dan praktik. Dengan sistem berjenjang (mahasiswa berhak mengikuti pelatihan lanjutan dengan syarat lolos seleksi) diharapkan dapat menciptakan semangat berkompetisi diantara mahasiswa.

3 Tahapan pelatihan diantaranya :

Tahap I “START UP”
Pelatihan yang ditujukan untuk meletakkan dasar-dasar jiwa kewirausahaan. Materi pelatihan menyangkut;

  • Basic knowledges and skills yang berisi tentang; pengetahuan dan keterampilan dasar yang dibutuhkan dalam berwirausaha
  • Motivation yang berisi tentang; cara-cara untuk mengenali dan menumbuhkan semangat berwirausaha
  • Networking yang berisi tentang; cara-cara membangun jejaring bisnis.

Tahap II “ESTABLISH”
Pelatihan yang ditujukan untuk mengembangkan kompetensi wirausaha mahasiswa yang sudah dalam tahapan mulai menjalankan usahanya. Materi pelatihan menyangkut;

  • Business Plan yang berisi tentang pembuatan proposal bisnis yang baik mencakup jenis usaha, barang yang akan diproduksi, cara memproduksi, dan menentukan segmen pasar.
  • Financial Management yang berisi tentang; cara-cara untuk mengelola keuangan mencakup, perencanaan pendapatan, perpajakan, pembukuan, dan laporan keuangan.
  • Permodalan yang berisi tentang; cara mendapatkan modal kerja khususnya dengan perbankan, jenis kredit pembiayaan, dan agunan.
  • Teknik Presentasi & Negosiasi Bisnis yang berisi tentang cara presentasi dan negosiasi yang baik.

Tahap III “MENTORING AND MONITORING
Kegiatan pendampingan, konsultasi, dan evaluasi kepada mahasiswa yang usahanya sudah berjalan