Akademi Kewirausahaan

Didasarkan pada tiga pertimbangan utama, yaitu; Pertama, bahwa penerima beasiswa KSE hampir seluruhnya memiliki kepekaan sosial yang dapat dibuktikan dengan banyaknya aktifitas sosial yang dilakukan komunitas penerima beasiswa KSE; Kedua, banyaknya karya-karya inovasi yang telah diciptakan dan implementasikan kepada masyarakat; Ketiga, semangat  kewirausahaan yang muncul dari sebagian penerima beasiswa KSE, maka KSE bersama dengan beberapa Donatur, seperti; Give to Asia, PT. Bank OCBC NISP Tbk dan PT. Perusahaan Gas Negera (Persero) Tbk yang memiliki perhatian sama mencoba untuk membuat program-program yang diharapkan dapat sedikit memberikan andil pada hal-hal yang bersifat penciptaan lapangan kerja dan kesejahteraan sosial, antara lain:

 

  • Academy Entrepreneurs - Give 2 Asia Foundation

Program yang diperuntukan bagi mahasiswa penerima beasiswa yang memiliki minat dan semangat yang kuat untuk menjadi wirausahawan.

Tujuan, mendorong dan turut mempersiapkan peserta program menjadi wirausahawan muda yang turut aktif melakukan pemberdayaan masayarakat.

Manfaat: Mendapatkan tunjangan beasiswa, Program pembinaan dan Difasilitasi untuk mendapatkan permodalan.

 

Tahapan Program Academy Entrepeur

Academy Entrepreneurs.png

 

  • Young Entreprenuership Spirit - Bank OCBC NISP

Ketika Kreativitas, Inovasi dan Semangat Wirausaha Terintegrasi

Sebagian besar mahasiswa khususnya di tingkat akhir kerap merasa cemas menghadapi masa selepas wisuda. Bagaimana tidak? Ketatnya persaingan untuk mendapatkan lapangan pekerjaan saat ini serta tingkat penganguran yang masih cukup tinggi membuat para lulusan perguruan tinggi harus cermat dan berupaya untuk menciptakan lapangan kerja dengan berwirausaha mandiri. Sayangnya generasi muda saat ini masih ragu mengambil pilihan ini dengan alasan tidak ada modal, kurang pengalaman dan takut gagal.

Memahami kondisi tersebut, Bank OCBC NISP dan Yayasan karya Salemba Empat membuat suatu program Young Entrepreneur Spirit” yang memiliki tujuan untuk:

 

Tujuan:

•    Membangun sikap mental wirausaha yakni percaya diri dan sadar akan jati dirinya.

•    Memiliki motivasi untuk meraih suatu cita-cita, pantang menyerah, mampu bekerja keras, kreatif, invoatif, berani mengambil risiko dengan perhitungan, berperilaku pemimpin, dan memiliki visi ke depan, tanggap dan peka terhadap saran dan kritik, memiliki empati dan keterampilan sosial.

•    Meningkatkan kecakapan dan keterampilan, khususnya sense of business.

•    Meningkatkan teknik penulisan proposal, perencanaan usaha yang efektif, orisinalitas, kreativitas, inovasi ide, serta merangkul aspek social entrepreneurship yang dibuktikan melalui kontribusi ide bisnis tersebut terkait permasalahan atau kondisi sosial di masyarakat.

•    Membangun jejaring (networking).

 

Manfaat Program:

1.      Bagi mahasiswa mendapatkan beasiswa

2.      Mendapatkan pelatihan

3.      Mendapatkan mentor / pendampingan selama 6 bulan

4.      Mendapatkan fasilitas permodalan

 

Syarat Peserta:

1.      Alumni penerima beasiswa dan atau mahasiswa penerima beasiswa

2.      Sudah memiliki usaha

 

Tahapan Program Young Entrepreneur Spirit

Pembukaan Program:

  • - KSE merekomendasikan calon peserta kepada Bank OCBC NISP
  • - Pengumpulan Proposal Usaha

Pengumuman Lolos Seleksi Program

Program Pendampingan:

  • Peserta terpilih saat pelatihan berlangsung akan mendapatkan pendampingan selama 6 bulan atau lebih.
  • Fasilitasi untuk mendapatkan modal usaha jika memang dibutuhkan dan mendapatkan rekomendasi para pendamping / mentor

Program Pembinaan  "YES Camp"

  • Materi diberikan oleh professional / praktisi dan Bank OCBC NISP
  • Peserta ditargetkan menjadi pengusaha yang bankable
  • Masing peserta akan mempresentasikan usahanya dihadapan para juri

 

Seleksi:

  • Seleksi Administrasi / Wawancara dengan cara visit langsung kepada calon peserta
  • Seleksi dilakukan bersama-sama antara Tim Bank OCBC NISP dengan Tim KSE

 

 

  • MRUF ENVOY

Mien R. Uno Foundation – “Entrepreneur Development Scholarship for Youth”

Mien R. Uno Foundation (MRUF) hadir dengan program ENVOY (Entrepreneur Development Scholarship for Youth) sebuah program yang ditujukan untuk mengembangkan pengusaha muda Indonesia sejak bangku kuliah.

Bekerjasama dengan Yayasan Karya Salemba Empat (KSE) sejak tahun 2008, program ini telah banyak perkembangan, terutama dari sisi peserta dan fasilitas program. Syarat utama peserta program ini tentu mahasiswa yang memiliki minat dalam kewirausahaan, sedang atau pernah menjalankan usaha minimal 3 bulan, dan lebih diutamakan juga bagi mereka yang berasal dari low income family serta tengah menempuh semester 3 hingga 5 di bangku kuliah.

Penerima beasiswa MRUF ENVOY bukan hanya diberikan beasiswa kuliah, namun juga beragam fasilitas pengembangan kewirausahaan untuk dapat membuka dan meningkatkan skala usaha mereka. Fasilitas tersebut diantaranya training dan coaching sebagai kegiatan inti, serta kegiatan  lainnya mencakup konsultasi, mentoring, pameran, hingga fasilitasi permodalan.

Rangkaian pelatihan menyajikan materi-materi yang perlu mahasiswa kuasai untuk dikelola pada tahap bisnis skala kecil. Mahasiswa dari seluruh regional kemudian diajak mengikuti training bersama di kota-kota berbeda dengan tujuan memberikan beragam pengalaman dalam mengembangkan entrepreneurial mindset. MRUF meyakini bahwa entrepreneurship adalah tentang tentang mindset bukan profesi, yakni pola pikir. Melalui program ini MRUF juga berupaya agar mahasiswa-mahasiswa siap memberikan solusi bagi permasalahan yang ada ditengah masyarakat.