KSE bersama dengan Bapak Pramukti Surjaudaja dan Ibu Parwati Surjaudaja mengadakan kegiatan webinar dengan tema “Leadership and Communication”. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Yayasan Karya Salemba Empat yang bertujuan untuk mengasah kemampuan kepemimpinan dan melatih kemampuan berkomunikasi yang mumpuni bagi setiap peserta yang merupakan penerima beasiswa KSE se-Nusantara.

WhatsApp Image 2021-11-04 at 10.48.06.jpeg

Kegiatan ini telah dilaksanakan pada Kamis, 04 November 2021 secara daring melalui aplikasi ZOOM Meeting. Kegiatan dilaksanakan dari pukul 09.25 - 12.00 WIB. Jumlah peserta sebanyak 101 orang mahasiswa penerima beasiswa KSE yang berasal dari 34 PTN di seluruh Indonesia. Rangkaian acara dimulai dengan pemutaran bumbering video, pembacaan tata tertib oleh officer, pembukaan oleh MC, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars KSE, kemudia dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan oleh ibu Ela Nusantoro selaku Donor Relations Yayasan KSE yang sekaligus membuka kegiatan webinar “Leadership and Communication” secara resmi. Kemudian dilanjutkan foto bersama.

6.jpg   7.jpg

Selanjutnya yaitu penyampaian presentasi Community Development Farmatik yang disampaikan oleh perwakilan Bandung Raya. Hal-hal yang disampaikan terkait dengan kegiatan yang telah dilaksanakan, kendala serta keberlajutan dari COMDEV tersebut. Sebelum memasuki sesi materi, MC menyerahkan acara kepada moderator sebagai pemandu acara selanjutnya yaitu penyampaian materi Leadership in Organization oleh Bapak Pramukti Surjaudaja dan materi Communication in Organization oleh Bapak Amir Widjaya.

Bapak Pramukti Surjaudaja menyampaikan materi yang luar biasa mengenai kepemimpinan didalam sebuah organisasi. Bapak Pramukti menyampaikan bahwa pemimpin itu tidak dilahirkan, namun semua orang dapat belajar menjadi pemimpin yang baik. Ada beberapa hal yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin diantaranya, memiliki sikap yang bertanggung jawab, berani dalam mengambil keputusan, jiwa yang kuat, mampu memberikan semangat kepada anggota team, serta dapat menghargai orang lain. Bapak Pramukti juga menjelaskan bahwa dalam menjalankan kepemimpinan, seorang pemimpin berani berkorban serta optimis karena semua perubahan berasal dari leader.

2.jpg  3.jpg

Dilanjutkan dengan sesi diskusi, seluruh peserta kegiatan antusias menyampaikan pertanyaannya kepada Bapak Pramukti selaku narasumber. Seluruh pertanyaan memuat tentang tips dan trik dalam berorganisasi, mengayomi anggota dalam organisasi, dan bersikap professional.

Memasuki sesi kedua oleh Bapak Amir Widjaya yang membawakan materi mengenai komunikasi dalam marketing. Bapak Amir menyampaikan bahwa sebagai seorang leader tentunya harus memiliki skill untuk mempengaruhi orang lain. Caranya dengan belajar berkomunikasi. Bapak Amir juga menyampaikan terkait permasalahan finansial terbesar di Indonesia yaitu 46% orang percaya bahwa perencanaan keuangan mereka saat ini akan memberikan kesuksesan keuangan dimasa depan namun ternyata hanya 16% dari mereka yang memiliki kecukupan finansial untuk mempertahankan hidup mereka jika tiba-tiba kehilangan pekerjaannya. 86% orang mengaku rutin menyisihkan pendapatan mereka untuk ditabung namun 43% dari mereka rutin meminjam uang dari teman ataupun keluarganya dalam setahun terakhir. Untuk itu sangat penting melakukan investasi. Bapak Amir juga merumpamakan bahwa terdapat persamaan diantara physical fitness dengan Financial Fitness yaitu keduanya membutuhkan kedisiplinan dan kebiasaan serta komitmen dalam jangka panjang. Kemudian bapak Amir menjelaskan cara membangun kebiasaan menuju finansial yang sehat. Setelah memaparkan materi, dilanjutkan dengan sesi diskusi yang sangat menarik oleh para peserta dengan Bapak Amir. Kemudian, webinar ini ditutup oleh moderator.

5.jpg   4.jpg

Melaui sesi webinar kali ini, kita kembali diingatkan agar senantiasa memupuk jiwa kepemimpinan dalam diri masing-masing serta mampu dalam memanajemen financial. Sehingga ilmu yang diberikan saat ini tidak hanya dilakukan di bangku perkuliahan saja, namun dapat diadaptasikan di dunia setelah kuliah nanti, baik dalam dunia kerja, bisnis, maupun yang lainnya.


Related Posts