1.jpg

Dalam upaya membantu pemerintah mempercepat pembentukan herd immunity atau kekebalan kelompok masyarakat terhadap COVID-19, Yayasan Karya Salemba Empat bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul dan Puskesmas Pandak I melaksanakan kegiatan Vaksinasi COVID-19. Kegiatan vaksinasi dilaksanakan pada Minggu, 26 Desember 2021 di Aula Kantor Kalurahan Wijirejo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pelaksana kegiatan ini melibatkan tenaga kesehatan dari Puskesmas Pandak I, mahasiswa penerima beasiswa KSE UGM, dan dibantu oleh relawan warga Kalurahan Wijirejo. Sasaran dalam kegiatan ini yaitu masyarakat umum Kalurahan Wijirejo, masyarakat umum di wilayah kerja Puskesmas Pandak I, dan anak-anak SD Muhammadiyah Kadisoro 1 & sekitarnya. Adapun jenis vaksin yang digunakan yaitu Sinovac dosis 1 untuk anak-anak usia 6-11 tahun, Sinovac dosis 2 untuk masyarakat umum usia >12 tahun, dan Pfizer dosis 1 untuk masyarakat umum  >12 tahun.

2.jpg  3.jpg

Pada saat pelaksanaan kegiatan vaksin total penerima (akseptor) sebanyak 243 akseptor vaksin dosis 1 dan 2, meliputi 80 anak-anak usia 6-11 tahun, dan 163 masyarakat umum usia >12 tahun. Dalam kegiatan ini juga tidak terjadi KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi).

Mahasiswa penerima beasiswa KSE atau Beswan KSE UGM melakukan koordinasi dengan berbagai pihak kalurahan dan dukuh setempat. Selain itu, dilakukan juga sosialisasi pra-kegiatan guna menjaring peserta vaksin. Sosialisasi dilakukan dengan cara keliling dukuh menggunakan mobil bak terbuka yang dibantu oleh Kepala BAMUSKAL Wijirejo, serta sosialisasi door to door yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar lebih memahami pentingnya vaksin dan meningkatkan antusiasme mereka untuk melakukan vaksinasi.

4.jpg  5.jpg


Related Posts