UNS1.jpg

Yayasan Karya Salemba Empat (KSE) dengan dukungan dari PT Perusahaan Pengelola Aset dan Give2Asia Foundation kembali menggelar kegiatan Tatap Muka yang dilaksanakan di Kampus Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Rangkaian materi yang disampaikan pada kegiatan kali ini antara lain “PT PPA Lebih Dekat dan Peluang Internship” oleh Bapak Avianto Istihardjo, “Eksplorasi Diri” oleh Ibu Ami Tantri, “Persiapan Karir” oleh Rendi Seftian dan “Intrapreneurship Mindset” oleh Yudhi Kurniawan. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 16-17 Desember 2023. Kegiatan ini diikuti oleh 120 mahasiswa penerima beasiswa KSE dari Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universtas Diponegoro (UNDIP), adapun 1 orang diantaranya merupakan mahasiswa Universitas Sumatra Utara (USU).

UNS2.jpg

Acara diawali dengan sambutan dari Ibu Ami Tantri – Dewan Pengurus Yayasan Karya Salemba Empat. Beliau menyampaikan rasa terima kasih dan bersyukur atas dukungan dari PT PPA yang telah bekerjasama dengan KSE memberikan beasiswa kepada para mahasiswa dan program-program pelatihan terutama di bidang finansial dan persiapan dunia kerja.

UNS3.jpg

Kedua, sambutan dari Bapak Avianto Istihardjo – Plt. Direktur Utama PT Perusahaan Pengelola Aset. Beliau menyambut baik kegiatan ini. Dimana Bapak Avianto berharap kerjasama PT PPA dengan KSE dapat lebih baik lagi dan terus terjalin sehingga dapat memberikan manfaat lebih banyak lagi kepada para mahasiswa.

UNS4.jpg

Ketiga, sambutan disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S. – Plt. Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan. Pada kesempatan ini Beliau berterima kasih telah diundang ke acara ini oleh KSE. Beliau menyampaikan rasa terimakasih kepada KSE serta PT PPA telah memberikan bantuan kepada mahasiswa baik finansial maupun softskill. Beliau juga berharap dari kegiatan tatap muka beasiswa KSE dapat membuat mahasiswa UNS lebih tahu dan memiliki peluang dapat lebih mengenal PT PPA dan peluang magang.

UNS5.jpg

UNS6.jpg

Selain itu diserahkan juga secara simbolis program beasiswa PT Perusahaan Pengelola Aset kepada perwakilan penerima beasiswa. Sebagai bentuk apresiasi dan tanda terima kasih kepada para Donatur dan Mitra Perguruan Tinggi Negeri, KSE juga memberikan cinderamata kepada mereka. Cinderamata diberikan oleh Bapak Hengky Poerwowidagdo kepada Bapak Avianto Istihardjo dan Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S.

UNS7.jpg

UNS8.jpg

Sabtu, 16 Desember 2023. Pemaparan materi “PT PPA Lebih Dekat dan Peluang Internship” oleh Bapak Avianto Istihardjo, yang merupakan Plt. Direktur Utama PT Perudahaan Pengelola Aset menjelaskan mengenai pendirian PT PPA. Bapak Avianto Istihardjo juga menjelaskan salah satu proyek unggulan PT PPA yaitu revitalisasi Lokananta, studio rekaman pertama di Indonesia yang kini menjadi commercial dan creative hub. Selain itu, Bapak Avianto Istihardjo juga menjelaskan bahwa PT PPA membuka peluang magang bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan pengalaman dan berkarya di berbagai bidang kerja, seperti treasury, keuangan & akuntansi, investasi, hukum & kepatuhan, operasi bisnis & pengabdian, dan sekretariat perusahaan. Program magang PPA merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar dari para ahli di industri terkait.

UNS9.jpg

Pemaparan yang kedua dilanjutkan oleh Ibu Ami Tantri dengan tema ‘’eksplorasi diri’’. Pemaparan materi dari Ibu Ami Tantri berisi tentang pentingnya mengenal diri sendiri dan mengembangkan karakter positif. Ibu Ami Tantri membagi materinya menjadi dua kegiatan, yaitu kegiatan pertama adalah menggambar sisi yang ingin orang lain tahu tentang diri sendiri. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengeksplorasi potensi dan minat diri, serta mengetahui kelebihan dan kekurangan diri. Kegiatan kedua adalah memilih peran dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menentukan visi dan misi diri, serta memberikan usaha kepada diri sendiri untuk mencapai tujuan tersebut.

Minggu, 17 Desember 2023. Pemaparan materi “Persiapan Karier” oleh Rendi Seftian selaku Alumni KSE IPB. Bapak Rendi Seftian mengemukakan tiga sub topik utama. Pertama, beliau membahas keterampilan yang sangat diperlukan di dunia kerja, termasuk adaptabilitas, kerja kolaboratif, berpikir kritis, kepemimpinan, dan analisis. Kedua, beliau memberikan studi kasus mengenai industri perbankan, menggambarkan peran generalis dan spesialis, serta menyoroti kelebihan dan kelemahan masing-masing peran. Terakhir, Bapak Rendi Seftian memberikan empat langkah persiapan untuk karier masa depan, melibatkan self-discovery, eksplorasi peluang, perencanaan tindakan, dan pelaksanaan.

UNS10.jpg

Pemaparan selanjutnya oleh Yudhi Kurniawan Santosa yang merupakan Almuni KSE UGM. Beliau menjelaskan konsep Cashflow Quadrant dari Robert T Kiyosaki, yang membagi orang menjadi empat kategori berdasarkan sumber pendapatan mereka: Employee, Self Employed, Business Owner, dan Investor. Beliau menekankan pentingnya memiliki mindset atau pola pikir yang positif, tanggung jawab, dan integritas dalam bekerja, serta menunda keinginan saat ini demi tujuan masa depan. Beliau juga menginspirasi para peserta untuk bermanfaat bagi orang lain, menguntungkan bagi mitra, dan menjemput mimpi bersama. Beliau juga menjelaskan mindset yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur yaitu afirmasi, tanggung jawab integritas, komunikasi, negosiasi, dan kepemimpinan.


Related Posts