2.jpg

"Implementasi Social Project Desa Noelbaki Kupang NTT terselenggara berkat dukungan dari Facebook Community. Yayasan Karya Salemba Empat (KSE) bersama-sama dengan Facebook Community bersama dengan Para Penerima Beasiswa KSE UNDANA Desember 2020 ini melakukan kegiatan pemberdayaan untuk para masyarakat desa Noelbaki.

Diawali dengan survey lokasi, team menemui kepala desa Noelbaki Sander Luis. Kepala desa menawarkan lokasi project disamping rumah dinas, yang merupakan tanah kosong luas. Tanpa berpikir panjang team pun langsung eksekusi, karena semua hal telah direncanakan pada hari sebelum survey.

1.jpg  5.jpg

Menggandeng tokoh masyarakat, pemuda sekitar dan rekan-rekan KKN dari UNDANA rekan-rekan Paguyuban KSE UNDANA mulai melakukan ground breaking lokasi. Dimulai dengan penngalian untuk pembuatan kolam ikan sebanyak 3 buah, pembuatan kadang ayam, itik dan bebek paguyuban KSE UNDANA, pemuda dan tokoh masyarakat setempat sangat antusias dalam melaksanakan kegiatan ini.

Yayasan pun sempat datang ke kediaman Gestianus Sino, untuk berdiskusi mengenai penanaman sayuran sistem hidroponik dan pembuatan POC (Pupuk Organik Cair), atas diskusi tersebut Gestianus Sino sepakat untuk membagikan ilmu kepada rekan-rekan KSE UNDANA dan pemuda Noelbaki untuk belajar. Dan dimulailah proses belajar rekan-rekan KSE UNDANA dan pemuda setempat, yaitu membuat instalasi hidroponik dan pembuatan POC (Pupuk Organik Cair).

3.jpg

Paguyuban dan pemuda sangat antusias baik dalam pembuatan kolam ikan, pembuatan kandang ayam serta instalasi hidroponik. Instalasi kali ini menggunakan tenaga ramah lingkungan yaitu panel surya, para pemuda dan paguyuban selain melakukan praktek mereka juga belajar bagaimana merakit hidroponik menggunakan tenaga surya.

6.jpg  7.jpg

Setelah kolam ikan dan kandang jadi, maka dimasukkanlah ayam, itik dan bebek. Sangat menarik, metode ini dipelajari dari bapak Gestianus Sino, jadi dengan pencampuran unggas dalam 1 kandang akan menghasilkan antibodi tersendiri dari hewan-hewan tersebut. Selain ayam, itik dan bebek, ditebar  juga bibit ikan nila, gurame dan indukan gurame. Pemuda dan rekan-rekan paguyuban disini juga membuat sendiri filter air, mereka memanfaatkan ember, pipa dan pompa kolam untuk membuat filter air.

Pada sisi-sisi kolam dan lahan ditanam juga tanaman obat keluarga, antara lain jahe, kunyit dan lengkuas. Ditanam juga pohon cendana, yang saat ini sudah langka meskipun tanaman tersebut endemik di Nusa Tenggara Timur.

Program ini diharapkan nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Noelbaki melalui kemandirian pangan, selain itu juga menjadikan masyarakat Noelbaki sadar gizi dan mandiri terhadap kebutuhan pangan. Serta terutama adalah meningkatkan potensi dari Desa Noelbaki Kupang agar menjadi daerah yang maju, berkembang, mandiri pangan serta sadar gizi dan kesehatan.

Program ini merupakan program awal yang nantinya berkelanjutan, adapun kelanjutan program ini adalah pengolahan pangan dan sosialisasi sadar gizi dan mandiri pangan kepada masyarakat desa Noelbaki.


Related Posts