KSE bersama Bank OCBC NISP mengadakan Seminar Online“Membangun Bisnis yang Efektif dan Berkelanjutan di Era New Normal”BersamaTriasPuspitaHayati. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank OCBC NISP dan Yayasan Karya Salemba Empat yang bertujuan untuk melatih dan meningkatkan wawasan dan keterampilan tentang Entrepreneurship kepada para penerima dan Alumni Beasiswa KSE SE-Nusantara.

ocbc 1.png  ocbc 3.png

Kegiatan ini telah dilaksanakan pada Jum’at, 20 November 2020 melalui Zoom pada pukul 16:00-17:30 WIB. Jumlah peserta sebanyak 104 orang penerima maupun alumni beasiswa KSE yang berasaldari 31 PTN di seluruh Indonesia. Kegiatan ini diawali dengan pemutaran lagu indonesia raya& Mars KSE, selanjutnya pemberian sambutan oleh BapakKennyarso Soejatman – Yayasan Karya Salemba Empat sekaligus membuka acara kegiatan Seminar Online “Membangun Bisnis yang Efektif dan Berkelanjutan di Era New Normal”secararesmi. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi ONPreneurship oleh Ibu Trias Puspita Hayati (Business Operations Manager at SIRCLO) dan dipandu oleh moderator Ibu Sophianta Dewi.

Ibu Trias Puspita Hayati menyampaikan materi luar biasa mengenai Entrepreneurship. Dengan situasi saat ini, semasa pandemic, pertumbuhan e-comerce naik menjadi 91%. Sehingga e-comerce sangat menjadi kebutuhan. Salah satu hal yang menarik adalah sebanyak 12 juta penguuna baru e-comerce yang menyatakan akan terus menggunakan channel ini setelah pandemic. Beberapa peluang di e-comerce anatara lain; penggunanya terus meningkat dan bertambah, produk kategori perawatan diri menjadi  peminat terbanyak, festival belanja menjadi momentum meningkatkan brand, dan juga produk sekunder dan tersier mulai dicari oleh konsumen.

ocbc 4.png

Ditengah pemaparan materi Salah satu peserta atas nama Rony Rahmat Hidayat Hasibuan dari Universitas Andalas bertanya, “Bagaimana cara usaha kecil dalam mengambil keuntungan di e-commerce? Kemudian apa saja penghalang kita dalam e-commerce?”. Kemudian dijawab oleh Trias Puspita Hayati, “Di e-comerce sangat penting untuk kita punya mindset untuk kita bisa mudah melihat peluangnya, keuntungan memulai bisnis online bagi UMKM adalah hampir gratis dan banyak lagi keuntungan lainnya. Kalau untuk tantangan lebih ke bagaimna cara kita bisa mengambil keputusan dengan baik sesuai dengan visi bisnis kita.”

ocbc 5.png  ocbc 6.png

Kemudian dilanjut dengan pertanyaan dari Andri Darma, “Untuk bisnis kuliner seberapa besar persentase peluang penjualan di e-commerce? Kemudian peluang kedepannya bagaimana?”

Kemudian dijawab oleh Trias Puspita Hayati; “Dari sisi konsumen punya ekspektasi bahwa kalau dating ketempat makan secara online dengan situasi saat ini pasti lebih memilih pesan secara online, sehingga berpotensi sangat besar.”

Setelah sesi Materi dan Tanya Jawab selesai dilanjutkan dengan sesi Quiz dan di pandu oleh moderator dan diakhir acara diakhiri dengan sesi foto bersama.Sebelum peserta meninggalkan room, semua peserta diminta untuk mengisi evaluasi.


Related Posts