Pegas Kimia farma 1.jpg

Social Project “Pelatihan Gaya Hidup Sehat (PEGAS)” merupakan social project yang digagas oleh para penerima beasiswa PT Kimia Farma Tbk. dari Universitas Gadjah Mada (UGM). Adapun kegiatan ini dilakukan bersama-sama dengan para penerima beasiswa Yayasan Karya Salemba Empat (KSE) dalam lingkup Paguyuban penerima beasiswa KSE UGM. Project ini dilakukan di SDN Lemah Rubuh, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta sejak November 2019 hingga Desember 2020. Target project adalah murid kelas 4-6. Tujuan dari project ini adalah agar anak-anak mampu menjaga perilaku hidup bersih dan sehat baik di lingkungan sekolah dan keluarga.

 

Project PEGAS terdiri dari beberapa program kegiatan diantaranya adalah:

 

[Sosialisasi PHBS]

Pegas Kimia Farma 2.jpg
Pada 10 Oktober 2020 lalu, "Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)" melibatkan Puskesmas Imogiri II dalam penyampaian materi mengenai PHBS. Peserta dari kegiatan ini yaitu anak kelas 5 dan 6, dimana di masa pandemi ini pola hidup bersih dan sehat baik di sekolah maupun di rumah harus dilakukan untuk mencegah dari tertularnya berbagai macam penyakit.

 

[Pelatihan Dokter Kecil dan UKS]

Pegas Kimia farma 3.jpg

24 Oktober 2020, "Pelatihan Dokter Kecil dan UKS" diikuti oleh 6 orang siswa dari kelas 4 yang nantinya setelah mengikuti kegiatan ini, akan ada proses seleksi untuk penentuan dokter kecil di SDN Lemah Rubuh. Pemaparan materi yang disampaikan diantaranya penanganan pertama kecelakaan di sekolah, unit kesehatan sekolah dan dilanjutkan praktik kegawatdaruratan ketika terjadi kecelakaan. Harapan dari kegiatan ini yaitu, anak-anak kelas 4 yang terpilih menjadi dokter kecil mampu menerapkan ilmu yang telah diberikan serta dapat menyampaikannya kepada teman dan keluarga.

[Pembuatan Taman Sederhana dan Penanaman Tanaman Obat di SD Lemah Rubuh]

Pegas Kimia Farma 4.jpg

10 Oktober 2020, "Penanaman Tanaman Obat" dengan peserta dari kegiatan ini yaitu anak kelas 5 yang terdiri dari 11 anak, dan kelas 6 terdiri dari 12 anak. Tanaman obat yang ditanam berupa tanaman jahe merah, kencur, dan kunyit. Lokasi penanaman dilakukan di depan kantin sehat SDN Lemah Rubuh yang sebelumnya belum dimanfaatkan menjadi area terbuka hijau. Kegiatan ini mengajarkan kepada anaka-anak mengenai cara bercocok tanam dengan media tanam dengan baik dan benar. Selain itu juga mengedukasi anak-anak mengenai jenis tanaman obat yang dapat dibudidayakan secara sederhana di pot maupun media tanam yang lainnya. Disamping bercocok tanam, anak-anak juga diajarkan khasiat dari tanaman obat yang ditanam.

[Pojok Belajar]

Pada 31 Oktober 2020 lalu, Paguyuban KSE UGM telah melaksanakan salah satu program after camp Kimia Farma yaitu pembuatan pojok belajar berupa taman di SDN Lemah Rubuh, Selopamioro, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Kegiatan ini dilakukan untuk membuat taman mini untuk ruang terbuka hijau. Tujuannya agar anak-anak bisa belajar di ruang terbuka dan menambah kesan hijau dan sejuk di lingkungan SDN.  Dengan kegiatan ini, anak-anak menjadi kenal terhadap tanaman obat dan cara perawatannya. Kemudian juga melatih mereka untuk bertanggung jawab terhadap tanaman masing-masing agar tetap tumbuh sehat dan tidak mati dengan menyiraminya setiap hari.

Pegas Kimia Farma 5.jpg

 

[Renovasi Fasilitas Toilet dan Ruang Kelas]

Kegiatan renovasi toilet di SDN Lemah Rubuh dilatarbelakangi oleh belum layaknya fasilitas toilet disana. Hal ini dilihat dari adanya beberapa toilet dengan WC yang tidak berjalan dengan baik, pintu toilet yang rusak, dinding toilet yang terkelupas, serta minimnya tempat cuci tangan yang layak. Untuk memenuhi syarat sebagai sekolah bersih dan sehat, perlu adanya toilet yang layak.

Kemudian dengan bantuan renovasi dari PT Kimia Farma, Tbk. melalui kegiatan Aftercamp Social Project Kimia farma dan Beasiswa KSE sehingga renovasi tersebut dapat berlangsung. Renovasi dilakukan dari awal Januari 2020 hingga pertengahan Maret 2020. Dengan adanya renovasi tersebut, fasilitas toilet menjadi lebih baik dan bersih. Harapan kedepannya, fasilitas tersebut dapat dirawat dengan baik dan menjadi investasi sekolah sehingga mampu menjadi SDN percontohan di Desa Selopamioro, dan Kecamatan Imogiri. Sehat Toiletku, Nyaman Belajarku!

Pegas Kimia farma 10.jpg
Selain renovasi toilet, PT Kimia Farma Tbk melalui kegiatan Social Project PEGAS juga memfasilitasi renovasi ruang kelas di SDN Lemah Rubuh. Jumlah kelas disana terdapat 6 ruang kelas. Di sekitar ruang kelas juga terdapat kantor guru, mushola, dan perpustakaan. Kegiatan renovasi tersebut berlangsung sejak Juli 2020 hingga Agustus 2020. Bagian kelas yang diperbaiki berupa langit-langit atap, penggantian lantai yang pecah, pengecatan pintu dan jendela, serta pengecatan ulang dinding sekolah. Instalasi listrik juga tidak lupa untuk diperbaiki karena masih ada lampu yang mati dan stopk kontak yang tidak berfungsi. Harapannya setelah adanya perbaikan tersebut, para siswa dapat belajat dengan aman dan nyaman tanpa khawatir dengan runtuhnya langit-langit di kelas kembali.

 

[Pembangunan Kantin Sehat]

Selain renovasi toilet dan ruang kelas, PT Kimia Farma juga memberikan bantuan pembangunan Kantin Sehat di SDN Lemah Rubuh. Sebelumnya di SDN sudah terdapat kantin, namun belum dapat dikatakan sebagai kantin sehat dikarenakan banguannya yang masih semi permanen, belum adanya isntalasi cuci tangan dan kondisinya yang hampir rubuh. Dengan adanya kegiatan Social Project PEGAS, maka kantin tersebut dapat di pugar menjadi bangunan permanen. Kegiatan pembangunan tersebut berlangsung sejak Juli 2020 hingga Agustus 2020.

Pegas Kimia farma 12.jpg
Kantin rencananya akan menjajakan jajanan sehat untuk siswa di SD Lemah Rubuh. Jajanan yang dijual berupa nasi kuning, jus buah, roti, buah-buahan dan snack. Pengelola dari kantin tersebut yakni Ibu Saniem, selaku orang tua salah satu staff di SD Lemah Rubuh. Fasilitas yang diperoleh dari kantin sehat tersebut yakni sudah adanya instalasi tempat cuci tangan, hiasan dinding, serta meja dan kursi. Dengan adanya kantin sehat tersebut, anak-anak juga terhindar dari jajanan yang kurang sehat dan banyak mengandung bahan pengawet yang berbahaya bagi kesehatan. Harapannya, program kantin sehat tersebut juga menjadi inpspirasi bagi sekolah dasar di Kecamatan Imogiri dan sekitarnya.

 

[Renovasi UKS]

Bantuan renovasi tidak hanya diperuntukan untuk renovasi toilet, ruang kelas, dan kantin saja, melainkan juga UKS di SDN Lemah Rubuh. Sebelum adanya kegiatan social project di SDN Lemah Rubuh, sudah terdapat UKS disana. Namun, kondisinya yang kurang layak dan masih terdapat kekurangan obat-obatan, akhirnya malalui Social Project PEGAS, UKS diperbaiki dan menambah kelengkapan fasilitas dan oba-obatan disana. UKS berukuran 3x3 meter tersebut mampu menampung 2 kasur, 1 meja, 2 kursi dan 1 buah lemari.

Renovasi tersebut berlangsung dari Oktober 2020 hingga awal November 2020. Selain renovasi bangunan, juga terdapat dekorasi interior dinding UKS dengan stiker dan poster berisi informasi  mengenai mengenai kesehatan sehingga dapat menjadi media edukasi bagi anak-anak. Fasilitas yang lengkap di UKS membuat para dokter kecil menjadi bersemangat dalam mengemban amanahnya, serta bila terdapat siswa yang mengalami masalah kesehatan ketika di sekolah, mampu tertangani dengan tepat dengan fasilitas yang telah disediakan.

 

[Peresmian PEGAS]

Pegas Kimia farma 9.jpg
Pada hari Selasa, 22 Desember 2020 telah dilaksanakan kegiatan Peresmian PEGAS (Pelatihan Gaya Hidup Sehat) di SDN Lemah Rubuh, Dukuh Lemah Rubuh, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Kegiatan peresmian meliputi sambutan oleh Sekretaris Eksekutif dan Chief Operating Officer Yayasan KSE, Bapak Hengky Purwowidagdo, sambutan dari Assistant Manager PKBL & CSR PT Kimia Farma Tbk, Bapak Rizki Oktavianus dan sambutan dari Kepala Sekolah SDN Lemah Rubuh, Ibu Siti Zumaroh.

 

Kegiatan dilanjutkan dengan pemutaran video Social Project Kimia Farma, pengumuman dan pemberian hadiah lomba menyiram dan menanam, teatrikal pertolongan pertama pada kecelakaan, penyematan secara simbolis jas dan pin dokter kecil, pemotongan pita peresmian oleh Assistant Manager PKBL & CSR PT Kimia Farma Tbk, foto bersama, peninjauan lingkungan sekolah, dan diakhiri kegiatan panggung boneka serta science class untuk siswa SDN Lemah Rubuh. Semoga dengan adanya kegiatan bantuan dan pembinaan dokter kecil, pola hidup bersih dan sehat, serta renovasi fasilitas sekolah, mampu meningkatkan semangat belajar bagi anak-anak dan dapat menjadi SD percontohan di Kecamatan Imogiri maupun sekitarnya dalam menginisiasi Sekolah Sehat Kimia Farma.

Pegas Kimia farma 8.jpg

 

​​​​​​​​​​​​​​Pegas Kimia farma 7.jpg


Related Posts