Setiap tahunnya, Yayasan Karya Salemba Empat menyelenggarakan Opening Ceremony Beasiswa KSE dalam rangka menyambut para penerima Beasiswa KSE yang baru. Pada tahun ini, Opening Ceremony Beasiswa KSE Tahun 2023/2024 telah sukses terselenggara pada Sabtu, 9 September 2023 secara daring melalui platform Zoom Meetings.

Kegiatan yang dipandu oleh Dinda Yusuf Tsary Arrofi (Beswan KSE Universitas Padjadjaran) dan Tiwi (Alumni Beasiswa KSE Universitas Jambi) dihadiri oleh sekitar 834 partisipan yang terdiri dari para donatur KSE, Pengurus Yayasan KSE, Pengurus Paguyuban KSE, Beswan Baru KSE, dan Alumni Beasiswa KSE dari 35 PTN se-Indonesia.

opening1.jpg

Acara diawali dengan sambutan Ketua Eksekutif KSE, yaitu Marsangap P.Tamba. Dalam sambutannya, Ketua Eksekutif KSE menyampaikan bahwa jumlah penerima Beasiswa KSE 2023/2024 adalah 1.515 mahasiswa dari 28.000 pendaftar di seluruh Indonesia. Dengan ketatnya seleksi penerimaan ini, Marsangap mengingatkan seluruh penerima beasiswa untuk selalu bersyukur karena mampu melewati segala tantangan dalam kehidupan, termasuk tantangan yang telah dilewati dalam seleksi Beasiswa KSE. “Poin kedua adalah bermanfaat. Para penerima Beasiswa KSE harus belajar dengan serius dan semangat, aktif di kegiatan KSE, aktif membangun masyarakat. Jangan lupa untuk kembali lagi ke KSE apabila sudah lulus untuk meneruskan kegiatan dan gerakan secara bersama, berkontribusi untuk Indonesia yang lebih baik”, tutur Ketua Eksekutif KSE dalam sambutannya.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan Simbolisasi Program Beasiswa KSE 2023-2024 dari Marsangap P. Tamba kepada perwakilan KSE Universitas Syiah Kuala (USK), KSE Universitas Cenderawasih (Uncen), KSE Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT), dan KSE Universitas Nusa Cendana Kupang (Undana) sebagai tanda dimulainya program Beasiswa KSE 2023-2024.

opening2.jpg

opening3.jpg

Dalam kesempatan ini, program Community Development yang merupakan salah satu program Beasiswa KSE, ikut unjuk gigi melalui presentasi yang dipaparkan oleh Andita dari Paguyuban KSE Universitas Sriwijaya. Dalam paparannya, Andita menjelaskan bahwa Community Development menjadi kegiatan pengembangan diri yang berkolaborasi dengan masyarakat yang bertempat tinggal dekat dengan lokasi universitas para penerima Beasiswa KSE.

Untuk semakin menambah semangat berkontribusi dan berkolaborasi bagi para penerima Beasiswa KSE 2023/2024, Yayasan KSE beserta donatur memberikan talkshow dengan tema “Youth Contribution in Sustainable Development Goals”. Talkshow ini dipandu oleh moderator Oktrido Asrialdi yang merupakan Senior Talent Acquisition di ALTO Network sekaligus Alumni KSE dari Universitas Andalas.

opening4.jpg

Narasumber dalam sesi ini, yaitu Chapman Taylor (Capital International Investors, Karya Salemba Empat - Board of Trustees, US-Indonesia Society – Board of Advisors), Mirza Adityaswara (Co-founder and Board of Trustee Chairman of Karya Salemba Empat Foundation), Christanto Pranata (PT. Cikarang Listrindo), dan Felita Elizabeth (Donor Relations of KSE). Keempat narasumber tersebut memaparkan bagaimana pentingnya generasi muda untuk turut serta membangun Indonesia. Hal yang dapat dilakukan oleh para penerima Beasiswa KSE dalam mengimplementasikan tujuan pembangunan pembangunan berkelanjutan adalah dengan pendidikan dan membangun masyarakat melalui program Community Development (Comdev).Melalui program Comdev, para penerima beasiswa akan memberdayakan masyarakat untuk melakukan banyak program yang berkaitan dengan 17 poin SDGs, seperti daur ulang sampah, memproduksi makanan, dan lain-lain. Tentunya, program Comdev tersebut akan membuat masyarakat menjadi lebih baik dan berkelanjutan” tambah Ibu Felita Elizabeth dalam paparannya.

Selanjutnya, acara diakhiri dengan pengenalan program Beasiswa KSE dan Yayasan KSE beserta pengurusnya oleh Maya Dintasari dan Rico Panandista. Adapun Maya dan Rico menjelaskan bahwa Beasiswa KSE memiliki program unggulan berupa KSE Camp yang dapat diikuti oleh para penerima Beasiswa KSE, yaitu Camp Technology for Indonesia (TFI), Camp Entrepreneur Academy (EA), Camp Leadership, dan lain-lain.

opening5.jpg

opening6.jpg


Related Posts