Yayasan Karya Salemba Empat mengadakan kegiatan Kuliah umum bertajuk “Pelatihan Leadership and Communication in Organization” bersama Ibu Tribuana Tunggadewi dari PT Bank BNI Syariah. Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah softskill para penerima beasiswa KSE se-Nusantara mengenai kepemimpinan dan komunikasi dalam organisasi.

Kegiatan ini telah dilaksanakan pada Sabtu, 24 Oktober 2020 secara daring melalui perantara ZOOM Meeting. Kegiatan dilaksanakan dari pukul 13.00 – 15.40 WIB. Jumlah peserta sebanyak 50 orang mahasiswa penerima beasiswa KSE yang berasal dari 25 PTN di seluruh Indonesia. Rangkaian kegiatan diawali dengan pembacaan tata tertib kegiatan dan ice breaking, yang dilanjutkan dengan penayangan video BNI Syariah. Lalu pembukaan oleh Master of Ceremony (MC), dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars KSE. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian sambutan oleh Bapak Hengky Poerwowidagdo yang sekaligus membuka kegiatan kuliah umum “Pelatihan Leadership and Communication in Organization” secara resmi. Selepas acara dibuka, dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Ibu Tribuana Tunggadewi.

1.jpg

Ibu Tribuana Tunggadewi menyampaikan materi yang luar biasa yang membahas tentang bagaimana organisasi berjalan, terutama di dalam bank BNI Syariah. Sedikit membahas pula tentang bagaimana perbedaan antara Bank Syariah dan Bank Konvensional, serta kita pula di perkenalkan bagaimana susunan organisasi di dalam BNI Syariah berjalan. Berkenalan pula dengan visi dan misi bank BNI Syariah. Selain itu pula Ibu Tribuana Tunggadewi membahas bagaimana sebaiknya kita berada pada ruang lingkup yang baik. Dilanjutkan dengan membahas tentang perbedaan manajer dan leaders, dan prinsip membangun hasanah leader, diantaranya yaitu mengukir iman, memuliakan ilmu dan merealisasikan amal, serta selalu menjaga komunikasi dengan lingkungan.

Memasuki sesi diskusi, seluruh peserta kegiatan antusias menyampaikan pertanyaannya kepada Ibu Tribuana selaku narasumber. Ada 6 orang peserta yang ingin bertanya, namun dikarenakan waktu yang terbatas, hanya dipilih 3 orang penanya, diantanya ada Riski dari UIN Sumatra Utara, Hesti dari Universitas Gajah Mada dan Rosita Vika dari Universitas Pendidikan Indonesia. Pada sesi diskusi ibu Dewi banyak memberi motivasi mengenai wanita sebagai leader.

2.jpg

Melaui sesi kuliah umum ini kita dapat melihat bagaimana seorang individu tetap bisa berprestasi dengan membangun networking yang baik melalui komunikasi yang selalu di jaga dengan baik pula.

Diakhir acara seluruh peserta melakukan sesi foto bersama Bapak Hengky dan Ibu Tribuana Tunggadewi. Penutupan acara dilakukan dengan penayangan video mengenai BNI Syariah. Acara ini juga ditayangkan secara langsung di official youtube KSE.


Related Posts