KSE mengadakan Kegiatan Kuliah Umum ”Leadership and Communication” Bersama Bapak Pramukti Surjaudaja  dan Ibu Parwati Surjaudaja.  Kegiatan ini ini merupakan kegaitan yang diselenggarakan oleh Yayasan Karya Salemba Empat yang bertujuan Melatih dan meningkatkan skil tentang Leadership dan Communications  kepada para penerima Beasiswa KSE SE-Nusantara.

WhatsApp Image 2020-09-25 at 18.56.10 (2).jpeg

Kegiatan ini telah dilaksanakan pada Senin, 21 September 2020 by Zoom pada pukul 09:00-11:30 WIB. Jumlah peserta sebanyak 100 orang mahasiswa penerima beasiswa KSE yang berasal dari 31 PTN  di seluruh Indonesia. Kegiatan ini diawali dengan pemutaran lagu indonesia raya, selanjutnya pemberian sambutan oleh Bpk Ahmad Solihin – Yayasan Karya Salemba Empat sekaligus membuka acara kegiatan Kuliah Umum ”Leadership and Communication” secara resmi. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi ”Leadership and Communication” oleh Bapak Pramukti Surjaudaja, kemudian dilanjutkan oleh Ibu Parwati Surjaudaja.

Bapak Pramukti Surjaudaja menyampaikan materi luar biasa mengenai Leadership. Sikap Dasar Kepemimpinan adalah mengakui kesalahan, jika kita melakukan kesalahan kita harus segera meminta maaf. Dan ketika berhasil mencapai target jangan merasa bahwa keberhasilan itu karena kita, tetapi karena dukungan dari banyak orang. Seorang pemimpin harus percaya pada team work, Harus kompak dan memiliki kemampuan masing-masing.

Bapak Pramukti Surjaudaja  juga menyampaikan tentang pentingnya Budaya kerja. Budaya kerja perlu dilakukan dengan professional, karena dapat memberikan suasana kenyaman dalam pekerjaan yang akan memberi dampak yang baik. Budaya kerja perlu dibentuk dengan waktu yg lama, harus ada kemampuan masing-masing untuk saling bekerja sama. Saling mendukung satu sama lain. Dalam kerja tim harus Terbuka untuk saling membantu.

WhatsApp Image 2020-09-25 at 18.56.11.jpeg

Sedangkan Ibu Parwati Surjaudaja menyampaikan materi tentang Leadership and Communication in Organization. Menurut Ibu Parwati komunikasi yang baik adalah salah satu kunci keberhasilan dalam organisasi. Pemimpin masa lalu bisa mengalami kesulitan mempertahankan eksisitensinya. Peran Pemimpin, harus bisa mengetahui, mengerti dan mengantisipasi kondisi eksternal, menyiapkan habitat yang kondusif. Pemimpin harus memimpin dengan berani, harus berani melihat dan mendengar hal-hal yang tdk terpikirkan sebelumnya. Harus berani malakukan hal yang benar, bukan hanya melakukan sesuatu dgn cara yang benar. Dan Kunci penting kepemimpinan adalah rasa rendah hati.

WhatsApp Image 2020-09-25 at 18.56.09 (1).jpeg  WhatsApp Image 2020-09-25 at 18.56.08 (2).jpeg

Setelah pemaparan materi selesai, dilanjutkan dengan sesi Tanya Jawab. Salah satu peserta atas nama Chindy Annisa Putri M.S. dari Universitas Lampung Bertanya, Bagaiman cara mengatasi pandangan subjektif dari anggota kita, namun tdk bisa dipungkiri itu sangat berpengaruh dalam memipin dan dalam  memberi keputusan.,?. Kemudian dijawab oleh Ibu Parwati Surjaudaja; jangan teralu dipikirakn, tapi pikir apakah kita sudah berbuat yg baik,, apakah tujuan sudah tercapai. Fokusnya ke situ saja. Jika kita melakukan sesuatu yang  tdk sukaa, bisa jadi nntambahan untuk refleksi diri.  Ditambah Jawaban dari Pak Pramukti Surjaudaja; kita tdk mungkin menyenangkan semua orang, semua berbeda ada yg suka dan yang tidak suka. Jangan khawatir soal itu, yang penting sudah berikan yang terbaik.

Setelah sesi Tanya Jawab selesai dilanjutkan dengan pembacaan Rangkuman Materi oleh MC dan sesi foto bersama dan kegiatan ditutup oleh MC pada pukul 11:30 WIB.

WhatsApp Image 2020-09-25 at 18.56.10.jpeg  WhatsApp Image 2020-09-25 at 18.56.09.jpeg

Salah satu peserta yaitu Meirlin Umma Hafilda dari Universitas Gajah Mada mengatakan bahwa Setelah mengikuti seminar leadership dari Pak Pram dan Bu Parwati, saya merasa senang karena saya mendapatkan ilmu mengenai leadership yang nantinya akan sangat dibutuhkan, baik di dunia kerja maupun kehidupan saya. Dari seminar tersebut, saya memahami bahwa seorang pemimpin harus passionate dengan apa yang ia lakukan dan juga harus mau terus belajar untuk meningkatkan skill maupun pengetahuan. Selain itu juga pemimpin harus bisa menghargai orang lain dan juga selalu berpikir positif.Setelah mengikuti seminar tersebut, saya berharap bisa mengimplementasikan poin-poin penting mengenai leadership untuk berbagai kegiatan saya di kampus maupun di luar kampus. Berani untuk mengeluarkan pendapat di dalam suatu forum dan mencoba tidak memikirkan hal-hal negatif yang menghambat saya.


Related Posts