Sabtu, 21November 2020, KSE mengadakan Kegiatan Kuliah Umum ”Leadership and Communication”bersamaBapakAgus B. Yanuar (President Director and Chief Investment Officer PT. Samuel Aset Manajemen). Kegiatan ini bertujuan untuk melatih dan meningkatkan skill tentang Leadership dan Communications kepada para penerima Beasiswa KSE se-Nusantara.

1.jpg

Jumlah peserta sebanyak 281 orang mahasiswa penerima beasiswa KSE yang berasaldari 31 PTN di seluruh Indonesia dan juga diikuti oleh beberapa alumni KSE. Kegiatan ini diawali dengan pemutaran lagu Indonesia Rayadan Mars KSE, selanjutnya pemberian sambutan oleh Ibu Ami TantriselakuBendaharaYayasan Karya Salemba Empat sekaligus membuka acara secararesmi. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan profil narasumber dan pemaparan materi ”Leadership and Communication” oleh BapakAgus B. Yanuar.

2.jpg

Bapak Agus B. Yanuarmembuka materi dengan mengutip kata-kata dari General Douglas MacArthur “Build me son who will master himself before he seeks to master other man” kemudian menyampaikan tentang empat karakter yang harus dimiliki oleh seorang pemimpinyaitu :Shiddiq (berkatadanbertindak secara benar), Amanah (dapat dipercaya), Tabligh (Komunikatif), danFathanah (cerdas). Selanjutnya membahas mengenai mengapa komunikasi itu penting karena komunikasi merupakan proses pemindahan pesan, baik berupa fakta, data, informasi, gagasan, perasaan antara dua orang atau lebih. Adapun 4 tipe komunikasi yaitu melalui verbal (berbicara), non-verbal (gerakan tubuh), tulisan (surat), dan visual (foto, sketsa, tabel).

Disampaikanjugatentangkomunikasiefektif yaitu dapat dilakukan dengan salah satu cara yaitu pandai mendengarkan, bersikap terbuka dan hormat terhadap pendapat orang lain dan terhadap pendapat yang berbeda. Mudah dipahami, jelas, ringkas dan tepat, serta berbicara ataubersikap yang baik.

Kemudian Bapak Agus juga memberikan tips yang dapat meningkatkan skill komunikasi yang kita miliki, yaitu:

1.     Meminta pendapat orang lain.

2.     Banyak berlatih, bisa dengan direkam atau berbicara di depan cermin.

3.     Mengamati dan mempelajari hal dari komunikator.

4.     Menghadiri kelas-kelas komunikasi.

5.     Memanfaatkan setiap kesempatan yang ada untuk berkomunikasi.

Kegiatan hari ini di tutup dengan quote sdari Napoleon Bonaparte “A leader is a dealer in hope”. Karena kita semua adalah leader baik bagi diri sendiri maupun untuk lingkungan kita.

Setelah pemaparan materi selesai, dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab. Salah satunya adalah peserta dari Universitas Brawijaya atas nama Ariq Dhamar menanyakan tentang kondisi pandemi yang menghambat pola komunikasi, tidak terjadi komunikasi aktif dan efektif. Bagaimana cara mengatasi hal tersebut, agar komunikasi tetap optimal? Menjawab pertanyaan ini Bapak Agus mengatakan bahwa ini adalah tantangan, tetapi sekarang kita telah terbantu dengan teknologi.Teknologi saat ini sudah menjadi solusi dan justru mempermudah pola komunikasi kita. Contohnya kegiatan kita pada pagi hari ini kita dapat berkumpul sebanyak kurang lebih 200 peserta di dalam satu room zoom yang artinya juga dapat meminimalisirbiayayang keluar. Walaupun masih belum maksimal dengan organisasi sosial/masyarakat. Kemudian ada juga dari Univeristas Dipenogoro atas nama Galih Saputra yang menanyakan tentang bagaimana cara organisatoris mengatur waktu agar memiliki waktu yang efektif untuk berkomunikasi? Dan dijawab oleh Bapak Agus bahwa bisa dengan cara membuat jadwal yang lebih teratur dan sudah direncanakan lebihawal, kondisi pandemic ini banyak memberi waktu luang, oleh karena itu banyak hal yang dapat dilakukan dirumah. Setelah Tanya jawab selesai, kemudian dilanjutkan dengan membacakan rangkuman sharing dari MC dan sesi foto bersama dan kegiatan ditutup oleh MC pada pukul 12.00 WIB.

3.jpg   4.jpg

Salah satu peserta yaitu Viola Albadari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa mengatakan bahwa Setelah mengikuti seminar leadership and communication dari Bapak Agus B. Yanuar, merasa bersyukur karena mendapat kesempatan untuk berdiskusi bersama orang-orang hebat, terutama salah satu donatur saya sendiri yaitu dari PT Samuel Aset Manajemen.Terdapat banyak ilmu yang dapat diambil mengenai kepemimpinan dan komunikasi dan penyampaiannya banyak menggunakan filosofi kehidupan. Viola akan mengaplikasikan beberapa ilmu tersebut ke depannya untuk mengembangkan diri terutama dalam hal berkomunikasi.


Related Posts