IMG_5252.JPG

Sebanyak 74 Mahasiswa dari 23 Perguruan tinggi Negeri di Indonesia mengkuti camp lanjutan dari Indofood yakni Indofood Leadership Camp II BISMA Batch 10 di New Pramesthi Hotel, Cibogo Megamendung Bogor – Jawa Barat, berlangsung sejak hari Selasa (24/04/2018) hingga Senin (30/05/2018).

Mereka adalah para penerima beasiswa  yang dikelola oleh Yayasan Karya Salemba Empat (KSE) dari penerima Beasiswa PT. Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) lanjutan dari Camp sebelumnya Pelatihan Kepemimpinan di AKMIL, Magelang.

Acara Tersebut dibuka pada pukul 08.00-08.30 oleh Head of Corporate Communications Indofood Bapak Stefanus Indryana, CSR Dept Head Indofood Bapak Deni Puspahadi, Chief Operating Officer KSE Bapak Hengky Poerwowidagdo

IMG_5178.JPG     IMG_5263.JPG

Selama 7 hari para peserta mendapat pelatihan dari People Develop People (PDP). Setelah selesai pembukaan para peserta mendapatkan materi “Role of Private Sector in Food Value System” oleh Bapak Stefanus Indrayana dari pukul 08.30-10.00. Setelah itu mendapatkan materi dari PDP pada pukul 10.15-malam hari yakni Bapak Cahyana Puthut Wijanarka dengan judul materi Briefing Skenario Pelatihan dan materi fundamental. Selanjutnya materi yang diberikan ialah Materi Fundamental dasar. Di sore harinya mendapatkan materi dari Bapak Hari Subagya yakni “How to Bring Out The Best Attitude” kemudian lanjut dengan materi “Who, Where, Why Are You here and Going to be” di malam harinya dilakukan penilaian atau evaluasi dengan rapot yang biasa disebut Cermin.

Dihari Rabu tanggal 25 April 2018 para peserta menjalankan senam pagi, pembersihan dan makan pagi. Selanjutnya mengikuti materi “Industri Hulu Indofood” dari Ibu Winarti TK. Lanjut di pukul 10.00 materi dari Bapak Bazaliel Pakke dengan judul materi “Reaksi dan Tindakan”. Di siang harinya hingga sore hari mengikuti materi “Mind Mapping” oleh Bapak Joni Zou. Pukul 19.00-22.00 mengikuti materi dari Bapak Muhammad Waras yakni “ Industri Hilir Indofood” dimana menggambarkan industri-industri yang tergabung dalam Indofood Group bagian HILIR (Noddle, Club, Indomilk dan lainya). Seperti biasa malam harinya dilakukan evaluasi yang biasa disebut Cermin.

IMG_5521.JPG    IMG_5960.JPG

Kamis, 26 April 2018 pagi hari mendapat materi dari Bapak Deni Puspahasi yakni “Building Effective Partnership” dimana untuk membangun parthnership yang efektif untuk mengembangkan networking dan pencapaian tujuan. Selanjutnya materi “Maximizing as A team Player” oleh Bapak Cahyyana Puthut Wijanarka. Siang harinya materi “Fresh Spirit and up garde your spirit” yaitu kesegaran dalam berpikir dan berkarya sehingga menjadi individu yang berkompeten dibidangnya oleh BapaK Hari Subagya. Lanjut di sore harinya para peserta melakukan out bond untuk membangun kecerdasan dan kebersamaan. Pukul 19.00-22.30 lanjut materi “Cretive Thinking and Problem Solving” dimana metode mengembangkan pemikiran kreatif dan menerapkan priadi problem solver oleh bapak Hari Subagya.

IMG_6402.JPG      IMG_0843.JPG    

Di hari ke empat pada hari jum’at tanggal 27 april 2018 mendapatkan materi dari Ibu ermy Winarjati yakni Teori dan praktek dalam membangun komunikasi yang efektif sehingga setiap pesan yang disampaikan dapat feedback positif dan sesuai dengan yang diharapkan dengan judul “Effective Communication”. Selanjutnya peserta melakukan Diskusi untuk program positive fighter. Malam harinya mendapatkan pelatihan dari salah satu Founder KSE yakni Bapak Satriadi Indarmawan dengan materi “Future Leaders”.

Sabtu 28 April 2018 para peserta melakukan positive fighter untuk mendapatkan uang dengan berbagai cara tanpa dibekali apapun selain name tag. Uang yang didapat oleh peserta ILC II BISMA Batch 10 sebesar 20 juta. Uang tersebut untuk keperluan dari program yang diusung oleh BISMA Batch 10.

IMG_6005.JPG

Di hari ke enam tepatnya hari Minggu tanggal 29 April 2018 mendapat materi dari Bapak Ivandeva Irwantoro yaitu metode untuk mengembangkan suatu keahlian atau potensi. Ekspert atau Profesional di keahlian atau potensi masing-masing melalui proses mengamati, mengalami dan terus mengasahnya dengan judul materi “Amati, Alami, Asah”. Selanjutnya mendapat “Sharing Wawasan” dari para Alumni BISMA oleh Santo Hura dan Rheza Rynaldo. Disiang harinya hingga sore hari para peserta mulai melakukan Program Bakti Sosial di sekitaran New Pramesthi Hotel, yaitu memberikan warung Indofood dan pengarahan warga sekitar tentang penting nya gizi yan bergizi. Selesai itu para peserta BISMA Batch 10 melakukan presentasi program mereka dan lanjut dengan Penutupan.

IMG_6565.JPG

Dihari terakhir Senin tanggal 30 April 2018 para peserta melakukan kepulangan ke masing-masing Perguruan Tinggi Negeri.


Related Posts