Sabtu, 27 Februari 2021 pada pukul 08.00-11.00 WIBdengan peserta yang hadir sebanyak 577 orang mahasiswa penerima beasiswa KSE yang berasal dari 34 PTN  di seluruh Indonesia. KSE bersama dengan Give2Asia mengadakan kegiatan dengan mengusung tema “Giving Is Not Just About Making a Donation. It Is About Making a Difference.”

Chapman (7)2.jpg

Kegiatan ini diawali dengan pembacaan tata tertib oleh officer Fikri dilanjutkan dengan pemutaran video. Pukul 08.00 WIB agenda pada hari itu dibuka dan dipandu oleh MC Shelyllayang kemudianpemutaran lagu Indonesia Raya dan Mars KSE.Agenda selanjutnya ialah Greeting Specholeh Bapak Laksono Widodo –Dewan Pembina Yayasan Karya Salembadanfoto bersama.

Chapman (1).jpeg  Chapman (3).jpeg

Agenda inti dalam kegiatan hari ini, yaitu sharing “Giving Is Not Just About Making a Donation. It Is About Making a Difference” bersama Mr. F Chapman Taylor. Sharing kali ini dipandu oleh seorang moderator  yangjuga Alumni dariYayasanKaryaSalembaEmpatyaitu Rahim Ihsan serta Bapak Ahmad Solihin atau Pak Olie sebagai interpreter.

Mr. F Chapman Taylor memulainya dengan suatu kisah di India mengenai sekelompok orang yang buta diminta untuk mendeskripsikan bagaimana bentuk gajah, setiap orang mengutarakan pendapatnya beraneka ragam mengenai gajah sehingga tidak tahulah mereka bagaimana bentuk gajah itu karena didalam bayangan mereka sudah tergambar sesuai dengan prasangka mereka masing-masing. Lain hal jika mereka bekerjasama untuk menentukan bagaimana bentuk gajah tersebut sehingga mereka menjadi satu pemikiran bahwa bentuk gajah ialah seperti ini. Dari cerita diatas bisa disimpulkan bahwa setiap orang tentunya memiliki pandangannya masing-masing, namun dalam menyelesaikan suatu permasalahan lebih baik diselesaikan bersama karena akan menjadi lebih mudah dan tepat.

Chapman 5555.jpg

Selanjutnya Mr. F Chapman Taylor juga sharingmengenai berbagi atau giving bukan hanya perihal uang tetapi bisa juga dengan memberikan tenaga ataupun skill yang kita miliki. Dalam berbagi juga jangan diharapkan suatu imbalan, namun lakukanlah dengan ikhlas. Menurut riset yang pernah dilakukan di Amerika Serikat bahwa orang yang suka berbagi hidupnya menjadi lebih bahagia. Hal ini mencerminkan bahwa terdapat manfaat serta impact yang cukup besar dari berbagi ini. Pak Chapman berpesan agar kita sebagai mahasiswa Indonesia harus mau berbagi dan saling toleransi agar selalu tercipta kedamaian di Indonesia serta menjadikan Indonesia menjadi lebih berkembang.

Chapman (9).jpeg  Chapman (10)2.jpg

Salah satu peserta yaitu Riduan Alvinsen Siraitdari Universitas Riau mengatakan bahwa,acara hari ini mampu membuka pola pikir saya mengenai pentingnya sebuah sharing dalammengupgrade diri. Serta dapat memberikan sudut pandang baru mengenai pentingnya berbagi terhadap sesama, bukan hanya berbagi dalam materi saja, melainkan ilmu danpengalaman yang sangat berguna jika di bagikan.Terimakasih Give2Asia dan KSE.


Related Posts