Kegiatan yang diselenggarakan oleh PT Mandiri Sekuritas (MANSEK) bersama Yayasan Karya Salemba Empat (KSE)ini telah dilaksanakan pada Selasa, 9 Februari 2021 melalui Zoom pada pukul 10.00-11.42 WIB. Peserta merupakan mahasiswa penerima beasiswa KSE yang berasal dari 34 PTN di seluruh Indonesia. Peserta yang hadir berjumlah 98 mahasiswa dan tidak hadir sebanyak 18 mahasiswa. Kegiatan ini diawali dengan pembukaanoleh MC yaituA.Rafikdilanjutkandenganpemutaran lagu Indonesia Raya dan Mars KSE, selanjutnya sambutan yang disampaikan oleh Ahmad Solihin – Wakil Ketua Yayasan Karya Salemba Empat, dan dilanjutkan dengan foto sesi bersama.

pak olie.jpg

Agenda selanjutnya ialah materi mengenai “Generasi Sadar Investasi, Kenal Saham” yang disampaikan oleh Theodora VN Manik – Direktur Retail & Treasury PT Mandiri Sekuritas. Diawalidengan penjelasan mengenai kontribusi millenial dan generasi Z dalam pertumbuhan investasi dimana sebesar 50% dari total investor ialah kaum millenial dan generasi Z, dari data ini dibuktikan bahwa semakin banyak millenial dan generasi Z yang sadar akan investasi. Theodora juga menjelaskan mengenai saham dan langkah-langkah memulai investasi saham. Terdapat 5 langkah dalam memulai investasi saham: 1. Pilih sekuritas yang terpercaya, 2. Daftar daring: most.co.id, 3. Tentukan strategi dan nominalnya, 4. Cermati fundamental, 5. Tentukan pilihan dan disiplin. PT Mandiri Sekuritas juga menyediakan investasi saham syariah  yang bisa ditemukan di bit.ly/joinMOSTShariasehingga teman-teman muslim semakin nyaman dalam berinvestasi. Theodora juga menjelaskan bagaimana strategi berinvestasi saham di masa pandemi, yang intinya ialah harus tenang, sabar dan menjadi investor yang konservatif utamanya untuk investor pemula sehingga meminimalisir kerugian. Selain itu, dijelaskanjuga bagaimana cara untuk menilai suatu saham berdasarkan fundamentalnya, hal ini membuat investor pemula menjadi lebih bijak ketika nanti memilih saham mana yang akan dipilihnya. Sesuai dengan perkataan Warren Buffett “Risk comes from not knowing what you're doing”.

budora.jpg

Agenda selanjutnya ialah sesi tanya jawab. Terdapat 5 peserta terpilih yang mengutarakan pertanyaannya ialah: USK – Putri Oktaviani Zulfa, UNSRI – A. Rafik, UNAIR –Heryansyah Setiawan, UGM –Benedictus Valerian P, IPB –Irfan Azmi Al Hayat. Selanjutnya ialah sesi menjawab, 5 pertanyaan akan disampaikan oleh Nadya Siregar – VP Digital Marketing Corporate Secretary and Communications PT Mandiri Sekuritas. Dan                  5 peserta yang terpilih untuk menjawab yaitu: UNTIRTA –Asuna Romian Angelina, UNTIRTA – Karen Erlangga, UNJ – Isni Mardiani, IPB – Fitra Andika, UNSRAT – Deilamy Nigel Luntungan.

bunadya.jpg  rame1.jpg

Kemudian pengisian evaluasi mengenai agenda pada hari ini. Testimoni dari salah satu peserta yaitu Yuli Fitrianingsih -Universitas Negeri Jakarta memberikan tanggapan mengenai agenda hari ini bahwa iasangat antuisias mengikuti acara ini karena materi yang di paparkan sangat penting apabila kita sebagai pemula ingin melakukan investasi. Dikenalkan cara-cara berinvestasi, cara membaca grafik saham, cara bertransaksi apabila ingin bergabung dalam saham dan manfaat saham yang tentunya bukan hanya untuk diri kita sendiri tetapi untuk masyarakat.Serliani Djoka – Universitas Cendana mengatakan bahwa penyampaian materinya mudah dipahami dan bisa memotivasi kami generasi muda (kaum millenial) untuk berinvestasi. Apalagi materi yang diberikan juga belum pernah ia dapatkan sebelumnya. Terimakasih PT Mandiri Sekuritas dan KSE.


Related Posts