KSE bekerjasama dengan PT Mandisri Sekuritas mengadakan kegiatan kuliah umum bertajuk “Financial Literacy and Leadership with MANSEK”, dengan narasumber Ibu Theodora VN Manik. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan literasi keuangan  bagi setiap peserta yang merupakan penerima beasiswa KSE se-Nusantara. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada Rabu, 19 November 2020 secara daring melalui pranala ZOOM Meeting. Jumlah peserta sebanyak 130 orang mahasiswa penerima beasiswa KSE yang berasal dari 29 PTN di seluruh Indonesia. Rangkaian kegiatan diawali dengan pemutaran video yel yel camp KSE, pembukaan oleh pewara (MC), kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Acara dilanjutkan dengan pemberian sambutan oleh Bapak Hengky Poerwowidagdo yang sekaligus membuka kegiatan secara resmi.

1.jpg  2.jpg

 Dilanjutkan dengan pemberian kuis berupa tantangan untuk memposting video atau foto di Instagram Story terkait materi literasi keuangan yang akan disampaikan. Bagi 5 Instagram Story yang menarik, akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 100.000. Pembicara pertama, Ibu Theodora VN Manik, menyampaikan materi yang luar biasa mengenai leadership dalam perusahaan. Dimulai dari menyampaikan profil singkat Ibu Theodora Manik dan definisi leadership menurut pengalaman beliau, yang mana ada satu hal menarik dari pemaparan pertama ini yaitu pasion. Pasion menjadi yang utama agar dapat bekerja secara optimal. 

Sebelum memasuki materi utama, Ibu Theodora VN Manik memperkenalkan apa itu Mandiri Sekuritas. Mandiri Sekuritas adalah bagian dari grup keuangan terbesar di Indonesia.  Selanjutnya adalah pemaparan materi utama yaitu tentang finansial literasi. Adapun materi yang dipaparkan meliputi apa yang mendorong agar mahasiswa melakukan investasi sedini mungkin, bagaimana cara melakukan investasi, dan apa saja jenis investasi yang dapat dipilih.  Ibu Theodora Manik juga memperkenalkan website dan aplikasi MOST. Melalui MOST, kita dapat belajar tentang memulai investasi, memilih produk investasi, sampai menghitung perkiraan keuntungan yang akan didapatkan apabila berinvestasi. 

3.jpg  4.jpg

 Memasuki sesi diskusi, seluruh peserta kegiatan antusias menyampaikan pertanyaannya kepada Ibu Nadya Siregar selaku VP – Digital Marketing, Corporate Secretary and Communications of PT. Mandiri Sekuritas. Seluruh pertanyaan memuat tentang persiapan investasi bagi mahasiswa. Adapun penanya dari sesi pertanyaan ini adalah UNAIR-Haryansyah Setiawan, UNSRI- Muhammad bayu Nugroho dan UB-Ratna. Kemudian ada sesi kuis yaitu pemberian pertanyaan pada peserta oleh Ibu Nadya. Adapun mahasiswa yang aktif menjawab kuis tersebut adalah UI- Kartika, UNJ-Athala, UNDIP-Galih Saputra,UNJ Isni Mardiani, UNPAD- Aditya Zaqi, UNSRAT-Deilamy Luntungank, dan UINSU- Aulia Rahmah. Sebelum menutup sesi diskusi, dibacakan 5 pemenang dari kuis Instagram Story yang dimenangkan oleh Ismail Majid - UNIMED, Kartika Putri Larasati - UI, Ratna Iffany - UB, M Ridwan Septiadi - UI, dan Yuli Fitrianingsih - UNJ. 

5.jpg   6.jpg

Melaui sesi kuliah umum kali ini, kita diberikan pandangan baru bagaimana menata masa depan agar aman secara finansial yaitu melalui investasi. Kita juga dihimbau untuk menganalisis terlebih dahulu produk investasi apa yang tepat agar meminimalisir terjadinya kerugian. Investasi menjadi penting bagi kita selaku mahasiswa yang akan terjun ke dunia masyarakat agar kita lebih siap secara finansial kedepannya. Hal ini dikarenakan keadaan keuangan yang menunjukkan adanya inflasi setiap tahunnya.


Related Posts