2ubsbaraya.jpg

Kegiatan Financial Literacy dan Investment Games ini diadakan pada Sabtu, 25 November 2023 pada pukul 13.00 hingga 17.00 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh para pejabat dan karyawan dari PT UBS Sekuritas Indonesia, PT BNI Sekuritas, Universitas Pendidikan Indonesia dan Yayasan Karya Salemba Empat. Kegiatan ini dihadiri oleh 93 mahasiswa dari UPI, UNPAD, ITB, USU, ITHB dan UKP.

3ubsbaraya.jpg

Kegiatan diawali dengan Presentasi mengenai Prestasi yang diperoleh oleh para mahasiswa binaan KSE dari Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Padjadjaran dan Institut Teknologi Bandung. Presentasi dilakukan oleh Yusuf, Ketua Paguyuban KSE UNPAD Periode 2023 – 2024. Selain itu juga dipresentasikan mengenai Kegiatan-kegiatan community development yang dilakukan oleh komunitas penerima beasiswa yaitu Paguyuban KSE di UPI, UNPAD dan ITB.

Pertama, sambutan disampaikan oleh Bapak Hengky Poerwowidagdo – Sekretaris I & Chief Operating Officer Yayasan Karya Salemba Empat. Beliau menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan dari PT UBS Sekuritas Indonesia yang telah bekerjasama dengan KSE memberikan beasiswa kepada para mahasiswa dan program-program pelatihan terutama di bidang finansial dan persiapan dunia kerja. Selain itu program community development yang didukung oleh UBS telah memberikan impact kepada Masyarakat. Pada program community development UBS tahun 2023 – 2024 ini, program Bank Sampah yang akan didukung kembali oleh UBS akan dilakukan oleh para penyandang disabilitas di Kulon Progo, DI Yogyakarta. Harapan KSE adalah UBS tetap berkomitmen bersama-sama dengan KSE mencerdaskan Mahasiswa dan Masyarakat luas.

4ubsbaraya.jpg  5ubsbaraya.jpg

Kedua, sambutan dari Bapak Joshua Tanja – Direktur Utama PT UBS Sekuritas Indonesia. Beliau menyambut baik kegiatan ini. Dimana Bapak Joshua selalu menyempatkan diri untuk bertemu dan sharing mengenai investasi dan berkarir di Perusahaan investasi. UBS juga mengucapkan terima kasih kepada mitra yaitu BNI Sekuritas dan Bursa Efek Indonesia yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Beliau juga bercerita bahwa ketika Beliau menghadiri Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) di San Fransisco, Amerika Serikat, dimana pada kegiatan tersebut Bio-Circular menjadi salah satu tujuan bersama untuk memberikan impact kepada Masyarakat dan lingkungan. Oleh karenanya Beliau sangat menyambut baik kegiatan community development Bank Sampah yang dapat memberikan impact terhadap Masyarakat dan lingkungan.

Ketiga, sambutan disampaikan oleh Bapak Achmad Dirgantara, P.H. – Kepala Kantor Perwakilan BEI Jawa Barat. Pada kesempatan ini Beliau berterima kasih telah diundang ke acara ini oleh PT UBS Sekuritas. Beliau berkata bahwa masih banyak peluang untuk para generasi muda Gen Z untuk menjadi investor muda. Beliau juga mengapresiasi UBS dan BNIS yang rutin mengadakan kegiatan financial literacy untuk para mahasiswa agar mahasiswa melek terhadap investasi. Selain itu terjuga di UPI juga terdapat gallery investasi BEI yang dapat membantu mahasiswa untuk berinvestasi sejak dini.

Keempat, prakata disampaikan oleh Bapak Agung Prabowo – Direktur Utama PT BNI Sekuritas. Beliau menyampaikan rasa terima kasih atas undangan dari UBS untuk sharing mengenai “Pengenalan Dunia Investasi” serta kesempatan untuk memperkenalkan aplikasi investasi saham retail mereka yaitu BIONS. Beliau pun menjelaskan bahwa hubungan baik antara UBS dengan BNIS telah terjalin dengan baik, maka disetiap kegiatan literacy yang diadakan oleh UBS pasti akan dihadiri oleh BNIS begitupun sebaliknya.

6ubsbaraya.jpg  7ubsbaraya.jpg

8ubsbaraya.jpg

Kelima, sambutan terakhir disampaikan oleh Bapak Prof. Dr. H. Suwatno, M.Si. - Director of the Directorate of Student Affairs Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Beliau sangat mengapresiasi prestasi-prestasi yang diraih oleh mahasiswa KSE di UPI, UNPAD dan ITB. Beliau mengatakan bahwa KSE adalah Lembaga Pemberi Beasiswa ke-2 yang terbanyak di UPI. Selain KSE, beberapa donatur lainnya turut memberikan beasiswa di UPI namun demikian, kebutuhan akan beasiswa masih sangat banyak, sehingga UPI berharap bahwa jumlah penerima beasiswanya dapat ditingkatkan. Beliau juga menyambut baik kegiatan literasi keuangan yang dilakukan oleh UBS dan BNIS ini. Dan berharap bahwa para mahasiswa akan melek investasi dan menjadi investor-investor muda.

Sebagai bentuk apresiasi dan tanda terima kasih kepada para Donatur dan Mitra Perguruan Tinggi Negeri, KSE memberikan cinderamata kepada mereka. Simbolisasi dilakukan oleh Bapak Hengky Poerwowidagdo kepada Bapak Joshua Tanja, Bapak Agung Prabowo dan Bapak Prof. Dr. H. Suwatno, M.Si.

9ubsbaraya.jpg

Materi “Pengenalan Dunia Investasi” disampaikan oleh Bapak M. Lutfi Permana – Investment Specialist PT BNI Sekuritas. Para peserta diajak untuk mengetahui jenis-jenis investasi, manfaat dan kerugian yang dapat diperoleh hingga manfaat dari berinvestasi sejak dini. Selain itu Beliau juga memperkenalkan aplikasi produk investasi retail yang dimiliki oleh PT BNI Sekuritas yang diberi nama BIONS BNIS. Beliau menjelaskan bahwa aat ini generasi muda Gen Z baru mencapai 7% yang menjadi investor sehingga peluangnya masih sangat terbuka lebar.

Bapak Lutfi pun menjelaskan mengenai jenis-jenis produk investasi dan memberikan saran dalam memilih produk investasi yang sesuai dengan kepribadian masing-masing. Investasi tidak dapat dirasakan hasilnya dengan cepat namun dalam waktu bertahun-tahun mendatang hasilnya dapat dinikmati. Oleh karenanya lebih cepat memulai investasi akan lebih baik.

10ubsbaraya.jpg

Bapak Andre Tjahjamuljo - Country Operating Officer PT UBS Sekuritas Indonesia bersama dengan Tim memandu simulasi dari berinvestasi di Pasar Modal. Kegiatan ini diberi nama “Investment Games”. Kali ini peserta dibagi menjadi beberapa kelompok.

Kemudian setiap kelompok diberikan modal “halu” sebesar Rp.100.000.000,00 (seratus juta rupiah). Kemudian dalam 5 (lima) babak/ periode tahun dimulai dari tahun 1998 (krisis moneter), masa pandemi covid-19 hingga pasca pandemi. Setiap kelompok diminta untuk melakukan investasi pada usaha di bidang properti, finansial, konsumsi, pertambangan dan infrastruktur menurut berbagai latar belakang sejarah, ekonomi dan situasi di Indonesia dan dunia pada periode tahun tersebut dengan besaran presentase.

11ubsbaraya.jpg

Kemudian di akhir permainan, kelompok yang mendapatkan keuntungan paling besar akan mendapatkan hadiah berupa reksadana di BIONS.

Pada akhir permainan, didapatkan 3 kelompok pemenang yaitu:

Juara I, mendapatkan hadiah reksadana sebesar Rp.1.000.000,- (satu juta rupiah) oleh:

1.     Nenden Nur Intan - UPI

1.     Ivan Yeremia - UPI

2.     Zalfa Nuraeni Rudianto - UPI

3.     Kelvin Marciano - UNPAR

4.     Lutfi Arief Noerjaman - UPI

5.     Sabrina Az-Zahra - UPI

6.     Kitsara Aulia Al-Fath - UPI

7.     Surani Erni Morowati - UPI

8.     Jasmine Juniar - UPI

9.     Tobi Anggaesta - UPI

Juara II, mendapatkan hadiah reksadana sebesar Rp.500.000,- (lima ratus ribu rupiah) oleh:

1.     Kaffita Dewi - UPI

2.     Gina Carolin - UPI

3.     Ragil Muhammad Ridho - UNPAD

4.     Azi Ilham Anshori - UPI

5.     Khairun Nabilah - UPI

6.     Salsa Satriani Setiawan - UPI

7.     Peni Tirtaningsih - unpad

8.     Aina Sabilla - UNPAD

9.     Nicolas Brekfit Simbolon - USU

10.   Elis Rustiawati - UPI

Juara III, dengan hadiah reksadana sebesar Rp.500.000,- (lima ratus ribu rupiah), dengan nama-nama anggotanya:

1.     Khalisya Gladis Syam - Universitas Pendidikan Indonesia

2.     Agrisa Alya Fayza - Universitas Pendidikan Indonesia

3.     Priscilia Tsany Darajat - Universitas Pendidikan Indonesia

4.     Jian Florence Genara - Universitas Pendidikan Indonesia

5.     Muhammad Lutfi Rachman - Universitas Pendidikan Indonesia

6.     Rafi Kamindra - Universitas Pendidikan Indonesia

Miizan Nur Qisthi - Universitas Pendidikan Indonesia

Simbolisasi pemberian hadiah diberikan oleh Bapak Hengky Poerwowidagdo, Bapak M. Lutfi Permana, Ibu Virda Yosefa dan Bapak Joshua Tanja kepada perwakilan pemenang.

12ubsbaraya.jpg

Sharing “Berkarier di Dunia Investasi” dimoderatori oleh Bapak Andre Tjahjamuljo dengan narasumber dari Tim UBS dan BNIS.

Penjelasan diberikan mulai dari bagian-bagian Divisi yang ada di perusahaan yaitu Direktur, Legal and Compliance, General Affairs, Keuangan, Riset, Trader, Marketing, Sales, Operation  dan lainnya diberikan gambaran mengenai fungsi dan tugasnya masing-masing. Hal yang dapat diambil hikmah dari sharing ini adalah berbagai background dapat berkarir di dunia investasi. Berbagai jurusan sewaktu menjalankan perkuliahan terkadang tidak sejalan dengan pilihan karirnya dan dapat sukses dalam berkarir di bidang lain.

1ubsbaraya.jpg​​​​​​​

​​​​​​​


Related Posts