1.jpg

Duta PLN Camp III 2021 diselenggarakan di Cirebon pada tanggal 1-5 Desember 2021 bertempat di Bentani Hotel & Residence. Kegiatan ini diikuti oleh 104 mahasiswa yang berasal dari 22 Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia. Acara dibuka dengan diskusi mengenai Community Development. Forum Group Discussion tersebut dibagi menjadi beberapa topik sesuai dengan minat peserta, seperti kesehatan, edukasi, lingkungan, mangrove, dan lainnya.

2.jpg

Pada hari kedua, peserta mendapatkan materi tentang “Sadar dan Peka Terhadap Potensi dan Permasalahan Masyarakat” yang disampaikan oleh Nur Saudah. Melalui materi ini, peserta mendapatkan pengetahuan tentang pentingnya kepekaan terhadap sekitar, pengembangan yang didapat dari comdev, tahapan sederhana comdev, dan penjelasan tentang community service, development dan empowerment.

3.jpg  5.jpg

Materi selanjutnya yang didapatkan peserta pada hari kedua yaitu “Social Project Plan; Social Mapping & Penyusunan Social Project”. Materi ini disampaikan oleh Asri Permata Sari. Melalui materi ini, peserta mendapatkan pengetahuan tentang membuat perencanaan project social yang efektif, diantaranya tentang level kesiapan komunitas, karakter manusia, dan penjelasan tentang manajemen resiko. Di dalam materi manajemen resiko dijelaskan mengenai kejadian resiko, perkiraan dampak, tingkat resiko dan strategi mitigasi. Materi dilanjutkan kembali tentang “Social Project Plan; Pengukuran Impact” yang disampaikan kembali oleh Asri Permata Sari. Melalui materi ini peserta mengetahui tentang means of verification (mov) dan menetapkan indikator. Peserta juga diajak untuk mengetahui social mapping dengan memperhatikan logical framework (projek social berdasarkan tujuan) serta mengenalkan apa itu community readiness.

4.jpg

Pelatihan hari ketiga dimulai pada pukul 07.30 waktu setempat dengan materi Menggali Potensi Diri yang diberikan oleh Ami Tantri selaku Bendahara Eksekutif Karya Salemba Empat tentang potensi manusia yang tidak terbatas. Tanpa disadari sebenarnya manusia memiliki potensi yang jauh lebih besar dibandingkan yang terlihat di permukaannya. 

6.jpg  7.jpg

Lalu dilanjutkan materi Mobile PLN dan Kelistrikan yang dibawakan oleh Agus Yuswanta selaku Vice President CSR & PKBL PT PLN (Persero). Setelah itu dilanjutkan materi Berkarir di PLN yang dibawakan oleh Eko Widyanto selaku Manager Kebijakan Human Capital – PT PLN (Persero).

Materi terakhir pada hari Jumat, dibawakan oleh Bapak Sigit Wahono, selaku Advisor of Sales PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. membawakan materi dengan topik Personal Branding.

8.jpg   9.jpg

Di hari keempat dimulai pada pukul 08.30 dengan acara Peresmian Duta PLN Camp III dan Talkshow berjudul Transformasi Perusahaan dan Tantangan Dunia Investasi di Indonesia. Pada sesi kali ini dihadirkan narasumber yaitu Bapak Agus Yuswanta selaku Vice Presdient CSR dan PKBL PT PLN (Persero) serta Bapak Marsangap P. Tamba selaku Ketua Eksekutif KSE dengan pembahasan diantaranya trend investasi di era distrupsi teknologi dan terus berinovasi menuju Indonesia zero emission 2030.

10.jpg

Kemudian acara dilanjutkan dengan materi mengenai Semangat Kemandirian dengan narasumber Satriadi Indarmawan selaku Co-founder dan Ketua Dewan Pengawas KSE diantaranya mengenai Self determination, definisi mandiri, serta arti kekinian di masyarakat.

11.jpg

Pada hari kelima merupakan acara puncak dari seluruh kegiatan Duta PLN Camp III. Di hari tersebut kegiatan comdev diimplementasikan di Desa Cirebon Girang. Kegiatan comdev yang dilakukan terdiri dari cek kesehatan gratis untuk warga dewasa dan anak-anak, renovasi Puskesmas Pembantu Desa Cirebon Girang dan kantin sehat, pembuatan taman mini puskesmas, serta sosialisasi kepada warga sekitar tentang PLN Mobile. Acara berlangsung dengan lancar berkat kerjasama berbagai pihak dan Beswan KSE PLN. Acara ditutup dengan seremoni peresmian yang beragendakan peninjauan lokasi comdev serta sambutan dari Kepala Lurah Cirebon Girang Ruslani dan Asisten Manager KSA Cirebon PT PLN (Persero) Nurmalita dan Donor Relation KSE Maya Dintasari. Pada penutupan diberikan oleh Hengky Poerwowidagdo selaku Sekretaris Eksekutif dan Chief Operating Officer KSE.

12.jpg

Before

 

13.jpg

After

14.jpg

​​​​​​​15.jpg​​​​​​​


Related Posts