Jumat, 20 Januari 2023, Yayasan Karya Salemba Empat (KSE) yang diwakili oleh Maya Dintasari dan Rico Panandista serta Perwakilan Paguyuban KSE UNTAD berkunjung dan bersilahturahmi ke Universitas Tadulako (UNTAD). Diskusi dilakukan bersama dengan Bapak Dr. Ir. Sagaf, MP - Warek Bidang Kemahasiswaan, Ibu Vita - Direktur Kemahasiswaan dan Ibu Siska – Subbag Beasiswa UNTAD. Dalam kesempatan ini Bapak Sagaf berharap kerjasama dengan UNTAD dapat berlangsung baik dan menambah penerima beasiswa di UNTAD. Selain itu peluang untuk dimasukkannya program community development yang dilakukan mahasiswa untuk dikonversi menjadi nilai akademik sangat besar, asalkan pelaporan berjalan dengan baik dan perjanjian kerjasama dapat dilakukan.

1.jpg

Pada tanggal 21-23 Januari 2023, Yayasan Karya Salemba Empat mengadakan kegiatan Coaching yang menyasar pada penerima beasiswa Karya Salemba Empat Universitas Tadulako. Adapun kegiatan yang dilaksanakan selama berada di Palu, yaitu Coaching, Focus Group Disscussion, dan Monitoring. Sebanyak 42 mahasiswa/i penerima beasiswa KSE hadir di sekretariat Paguyuban KSE UNTAD untuk mengikuti kegiatan Coaching dan Focus Group Disscussion yang didampingi oleh Maya Dintasari dan Rico Pananditsa. Kegiatan ini terbagi menjadi 2 hari yaitu hari pertama dan hari kedua.

Hari pertama dilakukan Coaching dan Focus Group Disscussion kepada Pengurus Inti serta departemen Community Dedication, Entreprenurship, dan Research & Development. Kegiatan Coaching ini membahas tentang masalah personal dan paguyuban serta untuk mencari solusi dari masalah tersebut. Setelah itu, mereka diminta untuk mempresentasikan dari hasil tersebut. Selanjutnya, mereka dibagi menjadi 4 kelompok sesuai pilar Community Development (COMDEV), meliputi Edukasi, Lingkungan, Kesehatan, serta Pemberdayaan Masyarakat, serta mereka diminta untuk mempresentasikan hasil dari diskusi dengan kelompoknya masing-masing, dari hasil presentasi tersebut didapatkan bahwa program yang akan dilakukan uji coba yaitu pembuatan Coklat Kelor, GOJAPI (Goreng-goreng Jantung Pisang), Saraba Instan, dan POC (Pupuk Organik Cair) dari sabut kelapa.

2.jpg  3.jpg

Hari kedua dilakukan Coaching dan Focus Group Disscussion kepada departemen family and secretaryship, Human resources, dan public relation. Kegiatan Coaching ini tidak jauh beda dari hari pertama yakni  membahas tentang masalah personal terkait masalah pada diri sendiri kemudian mereka diminta berpasangan untuk mencari solusi dari masalah mereka masing-masing dan mereka diminta mempresentasikan hasil dari diskusi tersebut. Pada coaching hari kedua ini lebih banyak membahas hal-hal yang terkait dengan paguyuban serta program kedepan yang ingin dijalankan oleh paguyuban KSE UNTAD. Selanjutnya, mereka dibagi menjadi 3 kelompok yang membahas terkait program internal, eksternal yaitu pelaporan kegiatan Paguyuban KSE UNTAD selama 1 bulan ke pihak Universitas Tadulako dan kegiatan dari yayasan yaitu GPS (Gerakan Pungut Sampah), KSE Mengajar dalam rangka hari pendidikan dan Donor Darah dalam rangka hari PMI se-dunia. Serta mereka diminta untuk mempresentasikan hasil dari diskusi dengan kelompoknya masing-masing, dari hasil presentasi tersebut didapatkan bahwa program yang akan dilakukan yaitu GPS, Donor Darah, KSE Mengajar, Gebyar KSE, dan TAMENG (Tadulako Mengajar) serta kami juga membuat konsep video ucapan ulang tahun yang diperuntukkan kepada  founder Yayasan Karya Salemba Empat yang berulang tahun yaitu pak Satriadi Indarmawan dan pak Basya G, Himawan.

Hari ketiga dilakukan monitoring Comdev Paguyuban KSE UNTAD yang berada di Desa Porame yaitu Aquaponik. Serta juga dilakukan uji coba pembuatan produk yaitu Coklat Kelor, Saraba Instan, Gojapi (Goreng-goreng Jantung Pisang) dan POC (Pupuk Organik Cair) dari sabut kelapa.

4.jpg


Related Posts