Yayasan Karya Salemba Empat bersama dengan Paguyuban KSE UPR melakukan Coaching dengan metode FGD (Focus Group Discussion) yang dilaksanakan di Ulew Caffe, Palangkaraya dan Me Caffe, Banjarmasin. Coaching ini dilakukan selama 2 hari, 1 hari untuk Uji Coba dan 1 hari untuk silahturahmi dengan Universitas Palangka Raya (UPR). Kegiatan ini dihadiri oleh 44 mahasiswa UPR dan 36 mahasiswa ULM. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 20 -29 Januari 2023.

1.jpg

Coaching pertama, membahas terkait impian para peserta Beswan KSE UPR & ULM, hal apa saja yang sudah dilakukan dan kendala apa saja yang dihadapi dalam meraih impian mereka. Lalu, masing-masing peserta diminta untuk menceritakan impian mereka, termasuk di dalamnya berapa penghasilan yang mereka inginkan. Kemudian, para peserta diminta untuk menceritakan hal-hal yang sudah dilakukan termasuk kendala-kendala yang dihadapi. Dan para peserta dibuat berpasangan untuk menceritakan masalahnya dan mencari solusi.

Coaching kedua, mereka diminta untuk menceritakan harapannya terkait Paguyuban KSE UPR & ULM ke depan. Hal-hal apa saja yang sudah mereka lakukan untuk Paguyuban dan kendala-kendala yang dihadapi setelah itu dibuatkan kelompok. Setelah itu, mereka diminta untuk presentasi terkait program yang akan Paguyuban KSE ULM & UPR lakukan.

3.jpg

Hasil dari diskusi kelompok didapatkan kesimpulan bahwa program Comdev KSE UPR & ULM, yaitu:

-        UPR

1.     Edukasi

-        Bimbel Jejak (Berbayar)

-        Bimbel Teladan (Sosial)

Dengan target Siswa SD dan SMA

2.     Lingkugan

-        Penjernihan Air dengan Sistem Pompa tanpa Listrik (Henpam + Desalinasi)

-        Mie Kalakai (tanaman yang banyak tumbuh di semak-semak dan hutan)

3.     Pemberdayaan Masyarakat

-        POC (Program Lanjutan)

-        Kerupuk Kalakai

-        ULM

1.     Edukasi:

-        Bimbel Bauntung (Berbayar)

-        Bimbel Batuah (Sosial)

-        Sex Education

2.     Lingkugan:

Pakan Itik dari Eceng Gondok

3.     Pemberdayaan Masyarakat:

-        Hidroponik dan Turunannya (Mr Coy)

-        Sambal Mandai (Cempedak) Instant

-        Keripik Tiwadak

-        Sirup Tiwadak

-        Eco Detergen

​​​​​​​

Uji Coba, mereka diminta untuk melakukan Uji Coba Program yang mereka buat. Tujuan dari dilakukan Uji Coba ini agar bisa dilakukan ke tahap Demo dan bisa terlihat formula apa saja yang kurang dari Uji Coba tersebut.

5.jpg

Goes to Campus UPR & ULM, dihari terakhir Yayasan Karya Salemba Empat bersama dengan Paguyuban KSE UPR & ULM berkunjung ke Kampus UPR & ULM untuk bersilahturahmi. Paguyuban menyampaikan program-program yang telah dilaksanakan dan yang akan dilaksanakan baik Internal maupun Eksternal. UPR & ULM menyambut baik program-program yang akan dijalankan oleh Paguyuban dan berharap program-program Paguyuban daapat diikutsertakan dalam Program Kreativitas Mahasiswa.

6.jpg​​​​​​​


Related Posts