1.jpgYayasan Karya Salemba Empat (KSE) bersama PT. Kimia Farma Tbk kembali mengadakan kegiatan pemberdayaan dan pengembangan dengan nama Beasiswa Sosial Project Camp (BASE CAMP). Kegiatan ini telah dilaksanakan sejak bulan april 2019 lalu dengan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 25 orang yang berasal dari 9 PTN di indonesia,pada program pelatihan camp I terdapat 5 sosial project terpilih dan 3 diantaranya telah terlaksana diantaranya: UFO TALK (Urban Farming for Education Talk Only) di kampung pemulungKeputih, Surabaya; JANGLI SEHAT BANK SAMPAH di kelurahan Jangli,Semarang; PEGAS (Pelatihan Gaya HidupSehat) di SDN Lemah Rubuh, Bantul, Yogyakarta.

Pada kegiatan pelatihahtahapKedua ini bertujuan untuk memberikan pelatihan “Career Coaching” sebagai persiapan untuk menghadapi dunia kerja bagi peserta yang merupakan mahasiswa penerima beasiswa KSE dan penerima Program BASE CAMP KIMIA FARMA, peserta merupakan penerima sosial project yang terpilih sebelumnya.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 16-19 oktober 2020  secara daring melalui pranala ZOOM Meeting, kegiatan ini dibuka pada hari jum’at 16 oktober 2020 yang juga dihadiri oleh 93 mahasiswadari 34 Paguyuban KSE di seluruhpenjuru Indonesia. kegiatan diawali dengan pembukaan oleh MC dan sambutan dari pengurus KSE dilanjutkan dengan sambutan dan pembukaan resmi oleh bapak Dharma Syahputra selaku Direktur Umum & Human Capital PT. Kimia Farma Tbk selanjutnya bapak Dharma memberikan materi seputar dunia kerja dan pengalaman beliau selama 20 tahun bekerja, poin penting dalam penyampaian bapak dharma adalah (to be a changed and to be antusiasme) bahwa kita tidak akan tau apa yang akan terjadi kedepannya, tugas kita untuk mengubah dan antusias dalam melakukan perubahan.” Pada sesi kedua dilanjutkan dengan materi mengenai “career management” oleh Ibu Hastuti selaku HR Kimia Farma dan dilanjutkan dengan bapak Effendi Ibnoe selaku Professional Trainer dengan materi “ How to build up your career.”

2.jpg  3.jpg

Pada hari Sabtu, 17 oktober 2020, kegiatan diawali dengan pengarahan oleh officer dan ice breaking, selanjutnya pemberian materi oleh bapak Cahyana Puthut Wijanarka selaku Proffesional Trainer pada materi pertama “Membangun Keterampilan Mempengaruhi” Bapak Puthut mengatakan bahwa untuk menjadi profesional kita harus melakukan (Thinking – Feeling- Action) secara berkesinambungan karena 3 hal ini sangat penting untuk membuat seseorang menjadi profesional. Dilanjutkan pada sesi II dengan materi “Teknik Presentasi yang efektif” dalam hal iniBapak Puthut mengajarkan peserta teknik presentasi 3 menit, poin pentingnya adalah (fokus pada ide, dampak dari ide, antisipasi dari ide tersebut) didalam presentasi professional cukup anda fokus terhadap 3 hal tersebut.

Pada hari minggu, 18 oktober 2019, kegiatan dibuka oleh4.jpg officer dan MC dan dilanjutkan dengan pemberian materi oleh bapak Effendi Ibnoe Tentang “ Impressive Curiculum Vitae” dalam materi ini bapak Effendi menyampaikan pembuatan CV yang kreatif dan menarik termasuk juga dalam bentuk video profile. Kegiatan dilanjutkan dengan “ simulasi interview” oleh alumni KSE yaitu Rahim, Laras, Gerhana, dan Jazi. Pada simulasi ini peserta dibagi dengan Breakout room secara bergantian. Pada sesi kedua dilakukan kegiatan “ Focus Grup Discussion” bersama perwakilan PT. Kimia Farma Tbk dan pengurus KSE dalam kegiatan ini peserta dibagi menjadi 4 kelompok dalam breakout room, setelah selesai kembali ke waiting room dan peserta mempresentasikan hasil FGD tersebut. 

Pada hari senin, 19 oktober 2020, kegiatan interview peserta oleh PT. Kimia Farma Tbk, peserta di bagi 5 kelompok breakout room dan peserta melakukan interview secara bergantian sesuai sesi, peserta yang menunggu sesi interview diberikan materi tentang “Curiculum Vitae” oleh bapak Cahyana Puthut Wijanarka. Dalam kegiatan ini nantinya peserta akan diarahkan untuk Intership di PT. Kimia Farma, Tbk selama 3 bulan. Selanjutnya penutupan, kegiatan di tutup oleh sambutan dan arahan dari Bapak Cherman selaku manajer CSR PT.Kimia Farma Tbk dan Bapak Hengky Purwodidagdo selaku COO Yayasan Karya Salemba Empat. Diharapkan melalui Base Camp Career Coaching ini peserta dapat menjadi Profesional Career dalam menghadapi dunia kerja.

5.jpg
 

Kegiatan ini dapat dilihat pada Youtube channel: Official Beasiswa KSE

 

 


Related Posts