Sambutan Dewan Pengurus

Arief Wana
Arief Wana
Ketua / Chairman - Board of Executives

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karunia yang diberikan kepada kita semua khususnya kepada Yayasan Karya Salemba Empat yang selama 21 tahun lebih tetap berkomitmen untuk berkontribusi bagi pembangunan Indonesia melalui jalur pendidikan dalam bentuk pemberian “Beasiswa”.

Tahun 2016, bagi KSE dapat dikatakan sebagai tahun yang sangat baik, karena di mata para mahasiswa, Program Beasiswa KSE dipandang sebagai program beasiswa yang sangat baik menarik. Hal ini dapat dilihat dari jumlah pelamar beasiswa KSE tahun 2016 sebanyak 31.444, atau 68% lebih banyak dibanding tahun lalu sebesar 18.752. 

Hal lain yang patut disampaikan adalah pada tahun 2016, kami berhasil menyalurkan beasiswa untuk 3.458 mahasiswa atau 66% lebih banyak dari tahun lalu sebesar 2.086. Namun demikian kenaikan jumlah penerima beasiswa, berbanding terbalik dengan rasio pendaftar dan penerimaan beasiswa yang berada pada kisaran 11 %. Pada tahun 2016, Yayasan Karya Salemba Empat menambah mitra Perguruan Tinggi Negeri dari 25 ditahun 2015 menjadi 30 PTN di tahun 2016. Penambahan 5 PTN terbaru ditujukan kepada PTN-PTN yang berada di luar pulau Jawa.

Hal menarik yang kami sampaikan adalah bergabungnya Universitas Terbuka dimana para penerima beasiswa adalah mahasiswa yang baru lulus dari jenjang SMA/SMK (bukan pekerja) dan berdomisili di Indonesia Bagian Timur. Untuk menyiapkan mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa yang berwawasan dan memiliki kesadaran bernegara, sikap dan perilaku cinta pada tanah air, nusa dan bangsa yang senantiasa meningkatkan kualitas sebagai anak bangsa yang berbudi luhur, berkepribadian, mandiri, tangguh, profesional, bertanggungjawab dan produktif, Yayasan Karya Salemba Empat mengadakan program-program pembinaan, semisal Leadership Camp, Entrepreneur Camp, Career Coaching dan lain-lain baik diadakan di kampus-kampus mitra maupun lokasi di luar kampus untuk program pembinaan atau pelatihan tingkat nasional.

Agar cakupan mahasiswa penerima beasiswa semakin banyak yang mendapatkan pelatihan, KSE juga mengadakan pelatihan bagi para alumni “Future Trainer” yang bertujuan nantinya dapat berbagi ilmu kepada para mahasiswa di seluruh Indonesia. KSE juga tidak lupa melatih serta / mengembangkan kemampuan organisasi termasuk para staf agar dapat terus berinovasi dan bersemangat dalam menjalankan tugas sehari-hari.

Kami menyadari bahwa di era globalisasi, tantangan-tantangan yang dihadapi ke depannya akan semakin bertambah, namun demikian kami tetap optimis bahwa kontribusi untuk turut andil dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dapat dijalankan karena dukungan penuh dari para Donatur, Civitas Akademika, para Alumni, dan para Pengurus KSE. Untuk capaian di tahun 2016, kami menghaturkan banyak terima kasih atas dukungan dan kepercayaan para Donatur kepada Yayasan Karya Salemba Empat. Tidak kalah penting untuk disinggung bahwa prestasi ini tidak mungkin tercapai jika tidak didukung komitmen dari donatur, perguruan tinggi negeri, para staf KSE dan seluruh pemangku kepentingan terkait. Terima kasih.

 

Arief Wana

Ketua Dewan Pengurus

Chairman of the Board of Executive